Pada kesempatan kali
ini kita akan membahas mengenai perkembangan teknologi game, sebelumnya kita
perlu tahu apasih Teknologi
Game itu?
Teknologi Game terdiri
dari 2 kata, yaitu Teknologi dan Game. Secara umum Teknologi merupakan suatu
entitas, benda maupun bukan benda yang diciptakan secara terpadu melalui
perbuatan dan pemikiran untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan Game merupakan
permainan yang menggunakan interaksi antarmuka oengguna melalui gambar yang
dihasilkan oleh piranti video.
Jadi, dapat diambil
kesimpulan bahwa Teknologi Game merupakan proses yang dapat dilakukan oleh
sebuah sistem ataupun perangkat keras yang dijalankan untuk mendukung kinerja
dari Game atau permainan itu sendiri.
Sejarah
perkembangan Game
Sejak dahulu dunia game
merupakan salah satu yang paling banyak diminati. Terutama untuk kaum pria dari
berbagai kalangan umur. Game yang
dimainkan pun memiliki berbagai jenis seperti game portable, game pc maupun game
mobile. Semakin maju perkembangan teknologi game dapat kita lihat dari logika,
desain ataupun audio dari game tersebut.
Berikut ini merupakan perkembangan Teknologi Game dari generasi pertama sampai
sekarang:
Ø Generasi Pertama (1952-1975)
Teknologi
Game pertama diciptakan oleh A.S. Douglas pada tahun 1952 di University of
Cambridge yaitu OXO untuk mendemostrasikan tesisnya mengenai interaksi antara
manusia dengan computer. Kemudian douglas menciptakan game versi Tic-Tac-Toe
yang diprogram pada computer EDSAC vaccum-tube yang menggunakan layar CRT.
Kemudian
pada tahun 1958 William Higinbotham menciptakan game Tennis For Two. Game
sederhana ini menampilkan lapangan tenis dari samping dan memperlihatkan seolah
bola dipengaruhi oleh gravitasi dan harus melalui net.
Lalu
pada tahun 1961 Steve Russel membuat game bernama Spacewar. Video game
mengalami awal perkembangan pada tahun 1996 oleh pelajar yang kreatif pada masa
itu, lalu berkembang lagi menjadi bentuk fisik perangkat video game untuk
pertama kali nya yang dirilis pada tahun 1972 untuk pasar rumahan Magnavox
Odyssey yang dihubungkan melalui perantara TV.
Namun
pada tahun 1975 produsen Magnavox berhenti memproduksi odyssey karena berhasil
mengenalkan mikroprosesor berbasis control lalu dipasarkanlah Odyssey 100 yaitu
mesin yang khusus menyajikan game pong.
Ø Generasi Kedua (1976-1983)
Perkembangan
teknologi generasi kedua ini disebut sebagai debut pertama 8 bit atau kurang
lebih 4 bit dalam sejarah komputer dan video game. Pada tahun 1976, Fairchild
meluncurkan karyanya yaitu VES (Video Entertainment System).
Pada
tahun 1980, berbagai produsen konsol
mulai menjadikan Atari 2600 sebagai konsep dasar pembuatan game, dan
perkembangan game pun menjadi pesat. Generasi kedua ini ditandai dengan game
Arcade 3D pertama keluaran Atari yaitu Battlezone, dan Pac-Man yang dikeluarkan
oleh Namco.
Namun
pada tahun 1983 eksistensi game mulai menurun karena kurang kreatifnya
pengembangan game dan perkembangan pc yang semakin canggih menjadikan user
lebih tertarik membeli pc dibandingkan membeli konsol game.
Ø Generasi Ketiga (1983-1986)
Pada
tahun 1983 konsol bernama Famicon/NES dirilis dan menjadi inovasi baru yang
diciptakan oleh perusahaan bernama FAMICOM di Jepang. Konsol yang diciptakan
FAMICOM ini merupakan konsol yang pertama kali menampilkan gambar dan resolusi
tinggi.
FAMICOM
atau yang lebih dikenal dengan nama Nintendo memiliki chip pengaman yag
digunakan pada cartridge game mereka, sehingga seluruh game yang akan dirilis
harus dengan seizing Nintendo, lalu muncul lah game legendaris Suoer Mario yang
hingga saat ini masih banyak pemnat nya.
Karena
game Super Mario ini sangat tren pada
masa itu banyak perushaan software maupun hardware yang menghentikan produksinya. Bahkan
Nintendo memperluas pemasarannya ke Amerika. Pada era itu game konsol Nintendo
mendominasi pasar video game disana dan terjadi perang konsol game antara
perusahaan Nintenndo dan SEGA.
Ø Generasi Keempat (1988-1993)
Teknologi
game pada generasi empat merupakan perkembangan konsol game dengan 16 bit dan
membawa perubahan pada gameplay, tata suara, dan grafik.
Pada
tahun 1990 Nintendo kembali mengeluarkan konsol game generasi baru mereka yaitu
SNES (Super Nintendi Entertainment System). Meskipun ada beberapa saingan
produsen seperti NEC dan SNK, namun konsol game Nintendo tetap menjadi konsol
terpopuler pada masa itu.
Pada
tahun 1990 SEGA pun merilis Sega Megadrive yang menyita perhatian pecinta game,
terutama di Amerika. Kemudian pada tahun 1991 dengan game Sonic The Hedgehognya
SEGA berhasil membuat game yang tersebut lebih unggul daripada Super Mario
dalam segi kualitasnya.
Ø Generasi Kelima (1994-1999)
Tahun
1994, Atari kembali meluncurkan konsol game yang menyaingi SEGA dan Nintendo
yaitu Atari Jaguar namun karena penggunaannya yang sulit tidak terlalu popular
dikalangan pecinta game, ditambah lagi pada saat itu Sony juga mengeluarkan
konsol berbasis CD yang jadi tren
pula pada saat itu yang disebut dengan playstation.
Pada
era ini juga disebut dengan era konsol 32 bit. Dan konsol game playstation yang
dirilis oleh Sony pun menuai kesuksesan dengan menjadi konsol terlaris
sepanjang masa pada keluaran pertamanya.
Ø Generasi Ke enam (2000- sekarang)
Pada
tahun 2000, Sony semakin merajalela dengan merilis Playstation 2 yang berbasis
DVD yang ukurannya lebih kecil. Xbox yang merupakan keluaran Microsoft adalah
satu-satunya saingan Playstation.
Meski
tampilan Xbox sangat tajam dan berkualitas, namun ternyata game Xbox tidak
dapat mengalahkan kepopuleran Playstation 2. Samapi saat ini Sony telah
meluncurkan Playstation versi 3 dan 4.
1 komentar:
Write komentarbagus sekali kak infonya jadi tau perkembangannya
Replypt.united tractors
EmoticonEmoticon