Berbagi Ilmu: Apa itu Game Theory (Teori Permainan)
Menurut Dimiyati
(1992), teori permainan merupakan bagian dari ilmu pengetahuan yang berkaitan
dengan pembuatan keputusan pada saat dua pihak atau lebih berada dalam kondisi
persaingan atau konflik. Pihak-pihak yang bersaing itu diasumsikan bersifat
rasional dan cerdas, artinya masing-masing pihak akan melakukan strategi
tindakan yang rasional untuk memenangkan persaingan itu, dan masing-masing
pihak juga mengetahui strategi pihak lawannya. Selanjutnya pihak tersebut
disebut pemain.
Sedangkan menurut Ayu (1996), teori permainan
merupakan suatu pendekatan matematis untuk merumuskan situasi persaingan dan
konflik antara berbagai kepentingan. Di dalam teori permainan tersebut
melibatkan dua atau lebih pengambil keputusan atau yang disebut pemain. Setiap
pemain dalam teori permainan mempunyai keinginan untuk menang.
Teori permainan ini awalnya
dikembangkan oleh seorang ahli matematika perancis yang bernama Emile Borel
pada tahun 1921. Yang selanjutnya dikembangkan lebih lanjut oleh John Van
Neemann dan Oskar Morgenstern sebagai alat untuk merumuskan perilaku ekonomi
yang bersaing. John Van Neemann dan Oskar Morgenstern mengungkapkan bahwa,
“Permainan terdiri atas sekumpulan peraturan yang membangun situasi bersaing
dari dua sampai beberapa orang atau kelompok dengan memilih strategi yang
dibangun untuk memaksimalkan kemenangan sendiri atau pun untuk meminimalkan
kemenangan lawan. Peraturan-peraturan menentukan kemungkinan tindakan untuk
setiap pemain, sejumlah keterangan diterima setiap pemain sebagai kemajuan bermain,
dan sejumlah kemenangan atau kekalahan dalam berbagai situasi.”
Lalu terdapat dua jenis strategi
permainan yang dapat digunakan pada teori permainan, yaitu pure strategy
(setiap pemain mempergunakan strategi tunggal) dan mixed strategy uang memiliki
arti setiap pemain menggunakan campuran dari berbagai strategi yang
berbeda-beda. Pure strategy digunakan untuk jenis permainan yang hasil
optimalnya mempunyai saddle point sedangkan mixed strategy digunakan untuk
mencari solusi optimal dari kasus teori permainan yang tidak mempunyai saddle
point.
Referensi:
http://www.academia.edu/4567775/GAME_THEORY_TEORI_PERMAINAN_Objektif_Pemain_A_Pemain_BPemain_A_Pemain_BPemain_A_Pemain_B
EmoticonEmoticon