Berbagi Ilmu: Pengenalan Industri Games
Industri games belakangan ini sangat tumbuh dengan
cepat, tidak hanya di negara kita saja, tetapi di dunia pun industri game
banyak diminati. Oleh karena itu sangatlah menarik bila kita mulai mengenal dan
juga mengetahui lebih banyak tentang industri games yang menjanjikan dan juga
membuka peluang bagi orang-orang yang suka bermain games. Mereka yang ingin
berkecimpung di dalam industri ini dituntut memiliki kreativitas yang lebih dan
juga mengetahui dengan tepat apa yang diperlukan oleh industri games belakangan
ini.
Definisi games sendiri dalam bahasa inggris adalah
permainan, sedangkan arti kata industri adalah suatu kegiatan usaha yang
menghasilkan suatu nilai. Jadi definisi industri games adalah suatu kegiatan
usaha yang games yang menghasilkan keuntungan ataupun hasil yang baik.
Jika dilihat dari sisi internal, jumah developer lokal
juga meningkat cukup pesat dalam dua tahun terakhir, terutama di kota-kota
besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Jogyakarta, dan kota-kota lainnya.
Institusi pendidikan pun sudah mulai banyak yang membuat spesialisasi jurusan
IT dengan bidang Game Development. Salah satu yang membanggakan pecinta game
tanah air adalah dengan keluarnya game online pertama di Indonesia bergenre MMORPG,
dengan nama Nusantara Online (Nusol).
Dari sisi market, potensi terbesar Indonesia bisa
dibilang ada pada jumlah pengguna sosial media seperti facebook dan pengguna
mobile phone yang sangat tinggi. Bisa dibilang dua market itu potensinya cukup
besar untuk dimonetize. Jadi, jika anda tertarik untuk terjun ke bisnis
industri game, langkah paling mudah adalah dengan menjual game anda ke appstore
atau marketplace seperti iTunes Appstore, Nokia Store, atau Android
Marketplace.
Banyak faktor yang harus dipertimbangkan dalam proses
pembuatan sebuah game, mulai dari visualisasi, karakter, alur cerita, sampai
judul game sendiri. Yang terpenting selama dalam proses desain, kita harus
selalu mengingat target pemain dari game kita, agar jangan sampai terlalu
condong ke salah satu kelompok pemain tertentu (karena tergetnya untuk semua
pihak). Jika tidak, maka peminat game anda akan sedikit karena terbatas.
Soal keuntungan/revenue yang dihasilkan dari penjualan
mobile game biasanya tidak cepat, alias ROI (Return of Investment) nya
cukup lama.
Ada dua model yang bisa dilakukan dalam menjual game :
- Menjual game berbayar atau dengan kata lain mendapat uang dari tiap pembelian game anda.
- Merilis game gratis tapi dengan menggunakan jasa perusahaan mobile game advertising, jadi anda bisa mendapat uang dari pemasangan iklan di game anda.
Secara umum ada beberapa genre game yang sukses di
Indonesia, yaitu:
- FPS (First Person Shooter), misalnya Counter Strike dan Point Blank. Counter Strike adalah salah satu game yang paling banyak dimainkan saat trend game center baru muncul sekitar tahun 2000-an. Sekarang, Counter Strike (CS) malah telah meluncurkan versi onlinenya (CS Online) pada tahun 2011 lalu.
- RPG (Role Playing Game). Genre ini cukup populer di kalangan game Indonesia, mulai dari game RPG klasik seperti Final Fantasy sampai MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game) seperti game Ragnarok Online, RF Online (game keluaran 2000-an) sampai game MMORRG keluaran terbaru (2008 keatas), seperti Perfect World, Lineage II, Rohan, Atlantica, 3 Kingdoms, dan sebagainya.
- RTS (Real Time Strategy),
contohnya Warcraft atau DotA (Defense of the Ancient). Jenis
game ini tidak hanya nge-top di dunia, tetapi juga sangat populer di
Indonesia, dengan banyaknya komunitas dan kompetisi jenis dalam game
tersebut.
Selain itu ada beberapa faktor dari sebuah game yang membuat orang-orang
suka, yaitu:
- Free-to-play. Sebagian besar gamer di Indonesia lebih menyukai model F2P seperti ini dibandingkan model subscription seperti WoW.
- Komunitas yang aktif. Gamer di Indonesia lebih menyukai game yang komunitasnya aktif, jadi mereka bisa berinteraksi dengan gamer lain dan bersaing di dalam game.
- Kompetisi. Gamer Indonesia senang bersaing, dan menyenangi game yang bisa memfasilitasi mereka bersaing dengan teman-temannya, walaupun tidak harus dalam bentuk kompetisi formal.
Games-games
terus bermunculan belakangan ini di Indonesia, bahkan banyak sekali games
buatan Indonesia berbentuk mobile game yang belakangan ini sedang maju dengan pesat
perkembangannya masuk ke game IOS maupun ke game android, antara
lain adalah Labirin Hantu (Android), SushiChain (IOS) yang sudah masuk
ke 10 peringkat game terbaik di ITunes, dan juga masih
banyak lain.
Melalu artikel di atas, dengan keuntungan dan masa
depan yang menjanjikan, apakah anda tertarik untuk memasuki industri games?
Sumber
: http://tiffarifin.blogspot.co.id
EmoticonEmoticon