Membuat Menu pada Linux Ubuntu (LA PTKI PERT AKHIR)

         Pada posting yang sebelumnya, saya telah menjelaskan pemrograman menggunakan java. Nah kali ini saya akan membahas Listing, Logika, dan Output program pada Linux Ubuntu.Dan program yang ingin dibuat kali ini adalah membuat menu pada Linux berikut contohnya:




LISTING PROGRAM




LOGIKA PROGRAM

 #!/bin/bash

Pada perintah di atas harus diletakkan di awal baris program shell. Ini menandakan bahwa, shell yang sedang aktif sekarang akan dapat mengeksekusi program yang ingin dibuat dengan cara diterjemahkan ke dalam bahasa Bourne Again Shell.



          Pada program di atas, perintah echo digunakan untuk menuliskan suatu perintah ke sebuah file dan untuk mencetak data yang kita ketik pada layar, seperti contoh,  kita ingin membuat output program yang isinya pilihan makanan seperti: Bakso, Gado-gado, Siomay, Estea dalam sebuah Judul Menu Makanan Murah Kampus Siang Hari lalu, perintah read disana berfungsi untuk membaca koding yang sebelumnya kita buat agar dapat memilih menu yang ingin kita pesan pergunakan perintah –p “Masukan pilihan agan [1-5] “ pil; jadi kita bisa memilih menu sesuai dengan apa yang kita ingin dengan pilihan satu sampai lima.



          Perintah case disini berfungsi untuk menentukkan sebuah statement pilihan yang sebelumnya telah kita pilih dengan menggunakan koding variabel string contoh, jika kita memilih pilihan pertama dalam input menu, maka yang akan keluar pilihan untuk menu Bakso yang akan ditampilkan dengan menggunakan koding echo, dan perintah –n adalah sebuah perintah yang digunakan untuk menghentikan posisi pada kursor agar tidak berpindah tempat karena fungsi otomatis echo yang melakukan proses pencetakan karakter pada baris yang baru. Setelah itu perintah akan dibaca oleh koding read yang ingin memproses jumlah yang telah kita pilih dengan koding jum, selanjutnya ada perintah let maksud dari perintah let disini yaitu untuk melakukan suatu perhitungan aritmatika pada sebuah variabel shell yang ingin dibuat seperti perhitungan di atas kita menggunakan aritmartika bayar=jum*3000. Setelah itu penjelasan untuk koding pilihan menu sama seperti pilihan menu yang pertama.


          Perintah *) digunakan untuk membuat pilihan lain di luar dari pilihan menu yang telah tersedia lalu, akan ditampilkan pada koding echo dengan penjelasan “Diet ne agan2 ga mau makan?? : ) Terima kasih Gan”, lalu ada perintah exit yang berfungsi untuk keluar dari koding yang sebelumnya telah dijalankan. Setelah itu ada koding esac yang digunakan untuk perintah terakhir setelah melakukan pilihan pada menu yang ingin dipilih yang ditampilkan oleh koding echo yang isinya “Berarti agan harus bayar = Rp. $bayar” apabila pilihan anda sebelumnya dapat diinput dan tersedia pada koding yang sebelumnya telah dibuat. Yang terakhir akan ada penjelasan echo “*Trima kasih sudah membeli* : )”.

OUTPUT PROGRAM



Previous
Next Post »