Strategi Dalam Teori Permainan (Pure-Strategy Game)

Berbagi Ilmu: Strategi Dalam Teori Permainan (Pure-Strategy Game)

Permainan Strategi Murni (Pure-Strategy Game) Beserta Contoh Kasus:

Dalam permainan strategi murni, strategi optimal untuk setiap pemain adalahdengan menggunakan strategi tunggal. Pemain baris mengidentifikasikan strategioptimalnya melalui aplikasi kriteria maksimin(maximin) dan pemain kolom dengankriteria minimaks (minimax). Nilai yang dicapai harus merupakan maksimum dariminimaks baris dan minimum dari maksimin kolom, titik ini dikenal sebagai titik  pelana (saddle point).

Bila nilai minimaks tidak sama dengan nilai maksimin maka permainan tidak dapat dipecahkan dengan strategi murni harus menggunakan strategi campuran.

Langkah-langkah penyelesaian: 
1.      Carilah nilai minimum baris dan maksimum kolom.2.
2.      Dari nilai-nilai minimum setiap baris cari nilai maksimalnya atau disebut nilaimaksimin. Sedangkan dari nilai maksimum kolom tentukan satu nilai minimalsebagai nilai minimaks.3.
3.      Bila nilai minimaks sama dengan nilai maksimin, berarti strategi yang palingoptimal untuk masing-masing pemain telah ditemukan

Dari contoh soal (dari table sebelumnya), penyelesaian teori permainannya adalahseperti tabel berikut:



Dari hasil tabel diatas nilai maksimin dan minimaks sama, sehingga strategiyang optimal untuk A adalah strategi A2 (baris dimana terdapat nilai maksimin) danuntuk B adalah strategi B3 (strategi dimana terdapat nilai minimaks).

Referensi:



Previous
Next Post »