Berbagi Ilmu: Contoh Review Jurnal Aplikasi Penjualan Barang


  RANCANG BANGUN APLIKASI SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN STOK BARANG DI TOKO WIDARI GARUT

A.    LATARBELAKANG

Pada hakekatnnya setiap usaha yang didirikan baik kecil maupun besar pasti memilki tujuan yang sama yakni untuk memperoleh laba. Oleh karena itu suatu perusahaan biasanya akan melakukan berbagai cara agar dapat mencapai tujuan tersebut. Agar tujuannya tercapai seorang pengusaha tentu akan meningkatkan proses kerja  menjadi lebih efisien dan efektif sehingga produk/barang yang dijual akan lebih banyak, cepat, tepat, memiliki pola sistematis yang dapat dipertanggungjawabkan.
Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini khususnya teknologi informasi yang berbasis komputer dirasakan telah berperan penting dalam berbagai aspek kehidupan karena komputer merupakan salah satu alat bantu manusia yang digunakan dalam proses pengolahan data, baik di bidang usaha, pendidikan, kesehatan, instansi pemerintah, swasta maupun usaha lainya. Faktor inilah yang akhirnya menjadi suatu solusi bagi pengusaha dalam mengembangkan usaha. Penggunaan peralatan computer dianggap dapat mewujudkan tujuan pengusaha dalam mengolah usahanya menjadi efektif dan efisien.
Pembuatan rangcang bangun aplikasi sistem informasi penjualan stok barang dirasa menjadi solusi dalam meningkatkan proses kerja. Penulis jurnal memilih Toko Widari Garut sebagai objek yang tepat dalam meningkatkan proses kerja tersebut.

B.     MASALAH
Masalah yang diangkat pada jurnal ini adalah sistem pengolahan data laporan barang dan stok barang pada Toko Widari Garut saat itu masih menggunakan sistem konvensional.

Makadari itu, penulis mebuat rancangan tentang aplikasi sistem komputer yang dapat digunakan bagi pada pekerja disana untuk mengoptimalkan proses pengolahan data sebelumnya sehingga menjadi lebih efisien dan efektif.

C.     HASIL

Hasil dari analisis pada jurnal ini adalah sebagai berikut :
1.      Dengan adanya pembuatan Aplikasi Sistem Informasi Penjualan dan Stok Barang di Toko Widari Garut proses pengolahan data persediaan barang dan penjualan yang akan datamg dapat dilakukan dengan cepat, akurat dan tepat dengan adanya bantuan sistem computer pada pengolahannya.
2.      Pada segi keamanan, dirasa lebih aman dengan adanya aplikasi ini dan pengusaha jadi dapat mengontrol usaha yang dirintis dan dapat meningkatkan kinerja toko pada nantinya.
3.      Dengan adanya aplikasi ini juga dapat membantu pemilik dan pegawai dalam kegiatan pengayaan barang baru (stok barang baru).

D.    Komentar (Keuggulan dan Kekurangan)

1.      Keunggulan
Menurut pendapat saya keunggulan pada jurnal ini yaitu dengan adanya Kerangka Kerja Konseptual yang dapat memudahkan pembaca jurnal dalam mengikuti alur yang ingin dibuat penulis dan terdapat pula penjelasan rinci terhadap maksud yang ingin disampaikan oleh penulis.

2.      Menurut pendapat saya kekurangan yang terdapat pada jurnal ini adalah tidak adanya grafik penelitian yang dilakukan oleh penulis dalam membuat rancangan aplikasinya, sehingga pembaca kurang memahami dalam hal menganalisis apa yang harus dilakukan pertama kali dalam penelitian ini.

















Previous
Next Post »