Pengertian Animasi 4D, 5D, dan Teknik Efek Film Digital Cinema



Pengertian Animasi 4D, 5D, Efek pada pembuatan film (Digital Cinema)

Masih berkaitan dengan postingan sebelumnya, yaitu membahas tentang digital cinema. Pada postingan kali ini kita akan membahas apa itu animasi 4D, 5D serta Effek apa saja yang  bisa dipakai dalam pembuatan karya digital cinema itu, untuk lebih jelasnya mari simak informasi berikut..

Animasi 4D 

Tidak berbeda jauh dengan format 3D, hanya saja efek dari film 4D ini, bukan hanya gambarnya saja yang keluar, melainkan ada getaran-getaran atau efek-efek nyata yg dihasilkan. Misalnya saja film-film animasi bertema kehidupan alam, ketika adegan di air, maka ada air yang menyipratkannya ke wajah kita, atau uap air menetes. Lalu ketika adegan gempa bumi, maka kursi yang kita duduki akan bergetar juga, memang unik dan mengasyikan tetapi para penonton pasti tidak akan fokus ke filmnya melainkan ke efeknya saja. Film berformat seperti ini tidak hanya mengacu pada layar bioskop saja, melainkan beberapa aplikasi media seperti penggerak kursi yang menghasilkan getaran, uap air, serta beberapa efek lainnya, termasuk AC yang bisa tiba-tiba berubah menjadi sangat dingin saat adegan salju, dan Heater yang dapat memanas saat adegan padang pasir. Dan format film ini pun harus diputar pada bioskop-bioskop khusus saja.

Animasi 5D

Yang saya tahu, perkembangan digital cinema yang ada pada bioskop baru sampai animasi 4D namun tidak menutup kemungkinan jika animasi 5D ini akan ada nantinya dan memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan animasi pendahulunya dan sangat bisa menjadi sarana pembuatan film yang luar biasa.






 
Teknik pemberian Efek canggih pada pembuatan film

1.      Morphing Teknik ini digunakan untuk menghasilkan peralihan satu bentuk objek ke bentuk objek lainnya dengan memanipulasi lebih dari satu frame sehingga nantinya akan dihasilkan keseluruhan gerakan yang sangat lembut untuk menampilkan perubahan satu sampai perubahan bentuk lainnya. 


2.      Hijau/ Blue Screen teknik ini merupakan pembuatan efek khusus dengan menggunakan Chroma Key  layar hijau / biru. Chroma Key adalah teknik special efek untuk menggabungkan dua gambar atau video secara bersamaan didasarkan pada daerah kunci warna (Chroma Key) yang akan dihapus latar belakangnya dari subjek foto atau video. 














Previous
Next Post »