Laporan Pendahuluan Pert 5 – Algoritma & Pemrograman 2A

Laporan Pendahuluan Pert 5 – Algoritma & Pemrograman 2A


1.      Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Visual Basic?
2.      Sebutkan windows kerja yang dimilki oleh VB?
3.      Apa yang kamu ketahui tentang form?
4.      Sebutkan kelebihan yang dimilki oleh VB disbanding bahasa pemrograman konvensional yang jalan di atas DOS!

Jawab :

1.      Microsoft Visual Basic merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk pembuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft windows dengan menggunakan model pemrograman (COM). Visual basic merupakan bahasa yang mendukung bahasa pemrograman berorientasi objek, namun tidak sepenuhnya beberapa karakteristik objek dapat dilakukan pada visual basic.
2.      Windows kerja VB:
-          Menu bar.
-          Toolbar.
-          ToolBox : Button, label, textbox.
-          Project Explorer.
-          Properties.
-          Form layout.
3.      Form merupakan jendela kerja pada VB yang berguna sebagai lembar kerja. Pada form, kita bisa menanamkan control-kontrol seperti textbox, label, commandbutton, dll. Ketika ingin membuat project pada VB, kita membutuhkan form sebagai lembar kerja kita. Selain sebagai lembar kerja form juga dapat berfungsi sebagai kotak dialog, dan jendela peringatan. Pada saat form ditutup maka event-event penutupan akan dijalankan. Keadaan ini memungkinkan untuk memberikan penjelasan penutupan form. Struktur kode pada form ada 3 :
-          General declaration
-          General procedure
-          Event procedure.
4.      Kelebihan yang dimiliki VB disbanding bahasa pemrograman yang lain adalah :
·         Bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.
·         Karena visual basic sangat popular, maka sangat banyak sumber-sumber yang dapat kita gunakan untuk belajar dan mengembangkan kemampuan baik berupa buku, website dll.
·         Kita bisa memperoleh banytools baik yang gratis ataupyn yang berbayar  di internet yang sangat akan membantu menghemat waktu kita dalam pemrograman.
Previous
Next Post »