10 Teknologi Masa Depan Yang Ternyata Benar-Benar Ada



Kalian pasti pernah merasa kagum dengan teknologi masa depan yang muncul di sejumlah film di bioskop. Kalian mungkin berpikir apa yang akan terjadi dan kapan kiranya teknologi tersebut dapat direalisasikan. Banyak dari orang pasti tidak sadar bahwa ada beberapa teknologi masa depan yang sebenarnya sudah ada saat ini. Teknologi masa depan seperti apa yang dimaksud? Berikut ini daftarnya.
10. Virtual Reality

Dulu kita menganggap lucu setiap sutradara yang ingin mengangkat film dengan tema teknologi masa depan dimana teknologi yang digunakan adalah teknologi dimana seseorang dapat masuk dan menikmati rasanya hidup di dunia virtual. Dan salah satu film yang menggunakan teknologi virtual reality tersebut adalah film Tron di tahun 1982.
Saat ini banyak orang yang mungkin sudah tahu bahwa kini teknologi virtual reality tersebut benar-benar telah ada. Terima kasih dengan bantuan teknologi yang berkembang dengan cepat, kini manusia jadi bisa merasakan seperti apa rasanya masuk ke dalam dunia virtual. Dan salah satu alat virtual reality yang saat ini telah banyak dijual di pasar adalah Samsung Gear VR.
9. Medan Pelindung

Semakin canggihnya perkembangan teknologi juga dapat memberikan efek yang signifikan terhadap persenjataan perang. Kini telah banyak senjata perang canggih yang dengan kemampuan khusus dapat menghabisi musuh hanya dalam waktu yang singkat. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu juga yang namanya alat pertahanan. Dan alat pertahanan yang saat ini tengah masuk dalam masa uji coba adalah medan pelindung atau yang dikenal dengan nama force fields.
Demi bisa bertahan dari canggihnya senjata musuh, para pasukan militer juga menginginkan sistem pertahanan canggih yang bisa menghalau senjata musuh. Setelah sekian lama mengimpikan tentang medan pelindung seperti yang ada di film, para ilmuwan asal Inggris telah menciptakan sebuah medan pelindung yang terbuat dari gelombang elektromagnetik. Oleh para ilmuwan tersebut, medan pelingdung tersebut bisa melindungi pasukan dari segala macam serangan.
8. Hologram

Salah satu teknologi masa depan yang banyak orang idam-idamkan adalah hologram. Jika kalian pernah menyaksikan film salah satu superhero Marvel paling terkenal yaitu Iron Man, maka kalian menemukan banyak sekali penggunaan teknologi hologram. Banyak orang yang hanya percaya bahwa teknologi hologram hanya bisa dilihat di film-film, tapi kenyataannya adalah saat ini teknologi hologram bukan lagi hanya sebatas mimpi.
Sebuah perusahaan bernama Asukanet pernah mendemonstrasikan sebuah hologram interaktif di acara CEATEC pada tahun 2013. Asukanet menciptakan sebuah alat yang bisa menampilkan hologram dinamakan Aerial Imaging Plate. Pada acara itu, Asukanet menampilkan sebuah hologram interaktif dimana para pengunjung bisa melakukan interaksi dengan hologram tersebut layaknya berinteraksi dengan benda nyata.
7. Senjata Laser

Di film agen rahasia 007 James Bond yang selalu menampilkan senjata canggih, salah satunya adalah senjata laser. Kehebatan senjata laser dapat digunakan untuk membunuh atau bahkan menembus objek padat.Jika kalian mengira bahwa senjata laser hanya terdapat dalam film Hollywood, maka kalian salah besar. 
Lagi-lagi dunia harus berterima kasih berkat majunya perkembangan teknologi saat ini, senjata lasert tersebut bukan hanya lagi bisa tampil di film. Adalah sebuah senjata militer paling canggih yang pernah dibuat bernama The Laser Avenger yang menggunakan teknologi senjata laser. Senjata militer tersebut dibuat pada tahun 2009 dan dilengkapi dengan senjata laser. Senjata laser tersebut dikatakan memiliki panas 20 kali lipat daripada kompor listrik dan dapat memotong peluru altileri.
6. M Blocks

Ingat betapa canggihnya robot di film Transformer? Dari bentuk mobil bisa langsung berubah menjadi robot besar hanya dalam waktu yang singkat. Teknologi robot canggih tersebut sangat disukai oleh banyak orang di berbagai belahan dunia. Untuk mewujudkan robot canggih tersebut maka dibuatnyalah sebuah teknologi robot kecil bernama M Blocks.
M Blocks adalah robot kecil berbentuk kotak yang dapat melompat dan berputar dan membentuk suatu bentuk. Jangan harap bahwa robot kecil ini bisa berubah bentuk menjadi sebesar Optimus Prime. Para peneliti percaya bahwa robot ini dapat digunakan untuk membangun suatu struktur solod misalnya menjadi bagian dari jembatan yang rusak.
5. Mobil Otomatis

Seberapa banyak diantara kalian yang ingin bepegian dengan menggunakan mobil yang bisa berjalan tanpa menggunakan supir? Sungguh enak ya rasanya jika kita bisa pergi ke tempat yang kita mau tanpa repot harus menyetir. Cukup dengan duduk diam, kita bisa sampai ke tempat yang diinginkan. Teknologi canggih tersebut sekarang sudah menjadi kenyataan.
Perusahaan besar Google telah menciptakan sebuah mobil tanpa supir yang bisa mengantar kamu kemana saja tanpa repot harus menyetir. Teknologi canggih tersebut dilengkapi dengan sensor untuk mendeteksi sekitar dan camera 360 untuk menunjukkan arah. Google telah menguji mobil tanpa supir ini di San Francisco dan selama test tersebut tidak ada kecelakaan yang terjadi.
4. Iron Man

Jangan salah mengira Iron Man disini seperti yang ada pada film Iron Man. Memang banyak orang yang pastinya menginginkan kostum seperti Iron Man. Dengan kostum tersebut kita bisa aman dari tembakan peluru dan juga membuat kita bisa terbang ke langit. Yang dimaksud disini adalah sebuah pakaian perang yang memiliki fungsi sama seperti Iron Man.
Teknologi yang diberi nama TALOS (Tacticak Assault Light Operator Suit) adalah sebuah armor yang dirancang untuk melindungi nyawa dari prajurit perang. Dengan armor ini memungkinkan tentara untuk memiliki tenaga tambahan untuk mengangkat beban berat dan menahan tembakan musuh.
3. Mobil Terbang

Setelah teknologi mobil tanpa supir, kini hadir lagi mobil terbang. Siapa pula yang tidak menginginkan mobil terbang. Ketika di darat kita sudah kesal dengan yang namanya macet, kita tinggal mengubah mode dari darat menjadi terbang. Dan dalam sekejap, kita tidak perlu lagi membuang-buang waktu menghadapi macet.
Sebuah teknologi canggih mobil terbang ini dibuat oleh orang yang juga merancang mobil BMW, Volkswagen, dan Audi yaitu Stefan Klein. Dengan desain warna biru-putih, mobil terbang ini memiliki panjang 6 meter. Jika membicarakan tentang konsumsi energi tentunya mobil ini memerlukan energi lebih untuk bisa jalan dan juga terbang. Tapi jika kita bisa menghindar macet, sungguh sangat menghemat waktu bukan.
2. Alat Pembersih Pakaian

Berbahagialah kamu orang yang malas mencuci pakaian karena saat ini telah ada sebuah teknologi yang memungkinkan orang untuk tidak perlu repot lagi mencuci, menyetrika, dan bahkan melipat baju. Teknologi canggih tersebut dinamakan SOLO Laundromat. 
SOLO Laundromat adalah sebuah teknologi sistem laundry dimana sistem ini membuat penggunanya tidak perlu repot mencuci, menyetrika, dan melipat baju. Semua pekerjaan merepotkan tersebut dapat dilakukan oleh alat tersebut. 
1. Mata Bionik

Teknologi masa depan berikutnya yang ternyata sudah ada sekarang ini adalah mata bionik. Teknologi mata bionik ini diciptakan untuk orang-orang yang memiliki masalah dengan penglihatan mereka. Dengan memasang implan pada mata orang yang buta, maka mereka bisa kembali melihat pemandangan sekitar layaknya orang normal. 
Adalah seorang pria bernama Roger Pontz yang memiliki masalah penglihatan yang mendapatkan kesempatan untuk mencoba mata bionik ini. Sebuah implan ditanamkan di mata kirinya dimana di bagian implan tersebut sudah terpasang video kamera kecil dan sebuah transmitter. Diharapkan nanti di ke depannya teknologi ini bukan hanya bisa digunakan untuk orang yang tidak bisa melihat saja tapi bisa juga digunakan sebagai alat bantu untuk melihat suatu benda agar lebih jelas.

referensi: http://www.tahupedia.com/content/show/1053/Sungguh-Canggih-10-Teknologi-Masa-Depan-Yang-Ternyata-BenarBenar-Ada


Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
achi
AUTHOR
6 Januari 2021 pukul 18.36 delete

mobil terbang bakal keren banget

cold milling

Reply
avatar