Konfigurasi Telnet Server Menggunakan Cisco Packet Tracer

Konfigurasi telnet menggunakan packet tracer

Pada pembahasan kali ini, saya akan membahas cara mengkoneksikan sebuah jaringan telnet dengan menggunakan packet tracer. Komponen yang dibutuhkan dalam pembuatan jaringan ini adalah satu buah router, satu buah switch, satu buah pc dan dua buah kabel straight. Namun sebelum kita masuk ke dalam pembahasan cara konfigurasinya ada baiknya kita mengetahui apa itu Telnet.
Telecommunication Network atau yang biasa kita sebut dengan Telnet merupakan sebuah protocol jaringan yang berfungsi untuk komunikasi dua arah dengan mengandalkan koneksi virtual jaringan berbasis teks dalam ruang lingkup Local Area Network (LAN). Jadi, dengan menggunakan protocol telnet ini memungkinkan komputer anda memiliki koneksi dengan komputer server yang telah dikonfigurasikan sebelumnya. Namun untuk penggunaan tersebut anda diwajibkan untuk mengetahui user atau host yang ingin dituju dengan memasukkan username dan password untuk login. Untuk mengkoneksikannnya juga anda perlu pastikan komputer anda terhubung dengan jaringan internet.
Setelah anda mengetahui arti dari Telnet itu sendiri mari kita coba konfigurasinya dengan langkah berikut ini:
1.      Buka cisco packet tracer yang anda miliki, setelah itu buat jaringan telnet dengan 1 buah router, 1 buah switch, 1 buah pc, dan 2 buah kabel straight.

2.      Selanjutnya, kita akan mengkonfigurasikan router dengan memasukkan ip addressnya terlebih dahulu pada FastEthernet0/0 yaitu 192.168.2.1 subnet mask 255.255.255.0 dan juga memberikan username dan password privileged level(#): prili dan prili1234. Untuk melakukan konfigurasi router klik router lalu pilih CLI dan ketikan perintah seperti gambar dibawah ini:




3.      Langkah ketiga, kita akan melakukan konfigurasi untuk switch dengan memasukkan Ip address nya: 192.168.2.2 buka CLI dan ketik perintah seperti yang ada di gambar:


4.      Langkah ke empat, masukkan Ip address: 192.168.2.3 pada PC dengan cara masuk ke desktop pilih static lalu masukkan ip, subnet mask dan gatewaynya.


5.      Langkah terakhir lakukan pengecekkan  jaringan telnet, dengan menggunakan ip yang ingin dituju pada PC. Pilih bagian command prompt lalu ketik perintah dibawah ini, jika berhasil akan muncul tampilan masukkkan user dan password yang telah dibuat sebelumnya.




Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar