Mengenal Perbedaan Sistem Operasi Symbian, Android dan iOS


 
Pada pembahasan kali ini, saya akan membahas perbedaan beberapa sistem operasi mobile yang telah digunakan pada beberapa dekade belakangan dengan sistem operasi yang digunakan hingga saat ini.
Seperti yang kita tahu sebelum muncul sistem operasi mobile Android dan iOS, beberapa produk handphone terkenal seperti Nokia dan Ericsson dibekali dengan sistem operasi Symbian. Berikut merupakan penjelasan lebih detail mengenai perbedaan sistem operasi Symbian, Android dan iOS
.
Symbian

Symbian merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd, awalnya sistem operasi ini dirancang khusus untuk perangkat mobile. Symbian sendiri merupakan perusahaan independen yang terbentuk dari vendor-vendor raksasa pada masa lalu yaitu Ericsson, Nokia, Motorola, dan Psion. Pada masa itu Nokia  merupakan vendor pemegang saham terbesar yaitu sebesar 47,9 persen.
Jika berbicara tentang ponsel Nokia, apabila teman-teman memiliki salah satu versi nya pasti tahu sehebat apa fitur yang tersedia dalam ponsel itu pada zamannya :D. saya sendiri dulu merupakan pemakai dari handphone Nokia, yang saya ingat pada ponsel Nokia yang saya pakai terdapat fitur infrared untuk transfer data, fitur download dan install aplikasi serta sangat sederhana dalam hal pengoperasiannya. Namun sistem operasi symbian juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya sistem operasi symbian lebih rentan terhadap virus dan apabila mebuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan sering mengalami hang atau force close pada sistemnya. Mungkin karena kekurangannya itu kini sistem operasi symbian sudah tidak dikembangkan kembali karena orang-orang telah beralih ke sistem operasi Android ataupun iOS.
 
Android

Sistem operasi Android merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat mobile. Sistem operasi ini dikembangkan oleh perusahaan Android, Inc yang dibantu secara finansial dan dibeli oleh Google pada tahun 2005. Sistem operasi Android ini pada umumnya dipergunakan pada perangkat smartphone dan tablet. Android merupakan sistem operasi yang open source maksudnya adalah Android ini menggunakan sistem yang terbuka sehingga para user bebas untuk mendistribusikan atau mengembangkan sistemnya sehingga menjadi poin lebih dimata penggunanya, mungkin itulah sebabnya sistem operasi Android ini menjadi salah satu sistem operasi populer di dunia dengan pesaing nya sistem operasi iOS.
Banyak sekali merk smartphone yang disematkan sistem operasi Android ini misalnya brand Samsung, LG, Xiaomi, Huwaei dll. Selain itu Android ini juga tidak terlalu rentan terhadap virus, karena di dalam sistem Android terdapat aplikasi play store yang digunakan untuk mengunduh aplikasi penangkal virus secara gratis. Android juga memiliki berbagai versi, hingga saat ini Android telah berkembang hingga ke versi 9 yaitu Android Pie. Semakin tinggi versi android maka semakin bagus pula spesifikasinya.
Dan dari semua kelebihan android yang tadi telah disebutkan nyata nya android juga memiliki beberapa kekurangan yaitu apabila kalian menggunakan android dengan versi yang lebih rendah atau jadul smartphone tentu kinerja nya tidak secepat versi terbaru dan saya sebagai pengguna os android juga kadang suka merasa bermasalah pada bagian kapasitas memori yang selalu lebih banyak terpakai walaupun tidak banyak aplikasi yang saya install di smartphone saya. Namun jika dibandingkan dengan kelebihannya saya tetap lebih memilih os android untuk penggunaan sehari-hari karena user friendly dan lebih terjangkau di kantong saya :D

iOS


Sistem operasi iOS merupakan sistem operasi mobile yang biasa digunakan pada perangkat apple seperti iphone, ipod dll. iOS dikembangkan dan distribusikan oleh perusahaan Apple Inc dan pertama kali diluncurkan pada tahun 2007.
Tidak seperti Android yang open source, iOS tidak memberikan lisensi untuk open source maksudnya produk iOS tidak menginzinkan untuk masalah install aplikasi di luar aplikasi non-apple. iOS juga tidak memberikan lisensi gratis untuk masalah download aplikasi nya, tidak user friendly juga, dan harga untuk smartphone ini juga cenderung mahal sehingga pemilik dari smartphone ini dinilai mewah :D
Kelebihan sistem operasi iOS ini dibandingkan dengan Android yaitu spesifikasinya lebih stabil dari segi memori, baterai dan sistem nya karena jarang mengalami perkembangan yang cukup pesat seperti Android. Ios ini sangat cocok untuk kalian yang menyukai bermain game mobile dengan memori yang cukup banyak dan berat, smartphone iOS jarang sekali hang walaupun spesifikasi nya tidak terlalu tinggi. Kelebihan dari smartphone iOS ini juga desain yang premium dan mewah :D.

Kesimpulannya semua sistem operasi itu bagus tergantung kebutuhan dari masing-masing usernya :D


Referensi:



Latest
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar