Tugas #ISD 2 Topik: Urbanisasi







                                                                                      Tugas #ISD 2








Dalam postingan saya kali ini saya akan membahas apa itu urbanisasi dan apa pandangan saya mengenai topik tersebut. Namun sebelum masuk ke dalam topik saya ingin bertanya:
“Dalam era globalisasi yang super canggih ini, siapa yang tidak ingin menjadi sukses dengan cara cepat tanpa kesulitan yang berarti?” Mungkin ini yang menjadi faktor utama dari setiap orang yang melakukan urbanisasi. Dan apa itu urbanisasi?

Menurut saya urbanisasi merupakan suatu perpindahan yang dilakukan oleh penduduk dalam skala besar dari desa dan menetap di kota. Mengapa dalam skala besar? Karena apabila urbanisasi hanya dilakukan oleh satu atau dua orang saja maka tidak akan ada dampak yang timbul pada kota yang di tempati.

Seperti yang telah kita ketahui banyak sekali penduduk yang berasal dari luar pulau Jawa yang menetap di kota, khususnya Jakarta. Awalnya mungkin mereka ingin berkunjung ke rumah sanak saudara mereka, namun lambat laun setelah melakukan observasi mereka pun menjadi bagian dari penduduk kota tersebut. Mengapa bisa seperti itu? menurut saya terdapat beberapa faktor yang memicu terjadinya urbanisasi seperti:

1.      Kurang puasnya penduduk desa terhadap ruang lingkup wilayahnya.
2.      kebutuhan yang dirasa jauh lebih besar dari pendapatan.
3.      Rendahnya nilai uang yang ada pada wilayah tertentu.
4.      Pandangan masyarakat desa yang lebih modern karena pengaruh budaya asing.
5.       Cita-cita untuk menetap dan menjadi penduduk kota yang berpenghasilan lebih tinggi dan berkehidupan lebih layak.

Namun pada realitas nya keadaan urbanisasi yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya lebih banyak menimbulkan dampak negatif pada kota yang di tempati, contohnya banyak sekali gelandangan yang ada di kota jakarta dan perumahan kumuh yang ada disana. Sebagian besar dari penduduk tersebut bergantung hidup pada pekerjaan yang tidak pasti dan banyak juga yang hanya menjadi pengangguran dan pengemis di jalan. Hal itu tidak luput dari kurangnya kemampuan yang dimiliki dari penduduk desa yang pada akhirnya kalah saing dengan penduduk asli kota tersebut.
Dampak negatif lainnya adalah bisa dilihat saat hari perayaan tertentu, ketika mudik arus berangkat dan balik membludaknya jumlah penduduk yang ingin pulang ke daerahnya masing-masing. Hal ini bisa sangat menguntangkan bagi penyedia jasa transportasi namun, hal negatifnya meningkatnya angka kematian dari peristiwa tersebut.

Jadi menurut saya sah-sah saja apabila ada penduduk desa yang ingin melakukan urbanisasi, namun harus lebih diperhatikan dari segi kemampuan bertahan hidup dan persaingan yang ada di kota, karena tidak sedikit juga penduduk yang melakukan urbanisasi dan menjadi sukses.
Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat..


Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar