Framework For Web Science




Referensi dan Identitas
Web semantic bergantung pada penamaan konvensi dengan URIs,dan tentunya setiap bagian dari sistem pelabelan Web bergantung pada beberapa konvensi dan lain-lainnya.Masalah  pelabelan pada Web adalah setiap sistem pada dasarnya tidak terpusat dan tidak terjaga, sesuai  prinsip  pengawasan Web, tetapi karena tidak terpusat, perbedaan skema dan konvensi pun terbentuk, dan tentu saja ketidakwaspadaan berkembang sehingga membuka kemungkinan untuk kegagalan atas referensi yang unik.

Referensi: Kapan Dua Objek itu Sama?
Desentralisasi merupakan masalah dalam sudut pandang logis,walaupun yang menerima keuntungan besar adalah pembuat konten tersebut.Objek yang sama bisa disebut secara online, secara benar dan sempurna sebagai ‘Jane Doe’,’janey doe’,’jane A.Doe’,’Doe, J.A.’ dan seterusnya.Selanjutnya,semua dari istilah-istilah tersebut bisa digunakan untuk merujuk kepada objek lain yang berbeda.Dan tentu saja Jane Doe yang aslinya bisa salah sebut namanya atau salah tulis:’Jnae Doe’,dsb.Kegagalan-kegagalan referensi unik ini secara relatif sepele untuk diuraikan oleh pengguna manusia,tapi susah untuk mesin untuk menguraikan.

Disamping itu, URIs menyediakan Web dengan berbagai sumber untuk menghindari setidaknya beberapa masalah pengajaran yang tradisional.ketika bisa diatasi bahwa dua hal mengaju pada URI yang sama.Jadi jika “morning star” dan “evening star’ sama-sama menghadap langsung ke http://ex.rg/planets.owl#venus sehingga pengajaran selanjutnya tidak berguna.Disamping itu, dua URIs berbeda bisa merujuk kepada objek yang sama secara tidak jelas, dan jika ingin dilakukan harus menuju ke beberapa operasi yang digunakan.Kadang-kadang ini akan terdeteksi melalui analisis sintaks algoritma(sebagai contoh, nama domain tidak “case sensitive”,jadi ini bisa digunakan untuk mendeteksi persamaan),tapi tidak secara keseluruhan

Metode heuristis digunakan untuk menyelesaikan bentrokan tersebut, di dunia nyata digunakan untuk membuat pertimbangan yang cerdas berdasarkan informasi yang terjamin, dan ini sudah ditiru secara online dengan perhitungan oleh komunitas praktik ternama, berdasarkan hubungan network disekitar instansi yang bersengkata.Sebagai contoh, jika ‘Jane Doe’ dan ‘Doe, J.A.’ dua-duanya punya asosiasi yang erat dengan ‘unversity of loamshire’.yang satu karena dia bekerja disana, dan yang satu lagi karena dia pernah bekerja dalam proyek dimana partnernya adalah UoL,maka itu merupakan bukti diamana dua hal merujuk pada objek yang sama,

Secara umum, manajemen referensi, dan resolusi masalah referensi,akan selalu rumit dikarenakan Web mencakup banyak informasi yang disatukan karena alasan yang bermacam-macam dan untuk menyelesaikan berbagai tugas; pengertian dan tafsiran yang kadang berganti, dan ada kesempatan terhadap persetujuan kecil tentang istilah referensi.Masalah yang penting mengenai pengetahuan Web adalah bagaimana untuk  mengerti tentang referensi dan representasi, dan untuk menentukan manajemen sistem dan formalism yang mana yang akan memperbesar pemahaman dan jejak tentang objek apa yang dimaksud dari Web tersebut.

Rekayasa Web: Tujuan Baru
Pertumbuhan Web jelas menjadi sesuatu yang paling diinginkan. Penyimpanan dengan jumlah lebih besar dari informasi, dalam konteks komputasi yang lebih cepat, akan menjadi sangat penting pada masa mendatang. Permintaan besar untuk layanan personalisasi dan pencarian akan memberikan tekanan pada sistem. Perluasan cakupan pencarian untuk mencakup item seperti multimedia, jasa atau komponen ontologi, juga akan membutuhkan pengejaran program penelitian akademik, interface yang efektif, dan model bisnis yang masuk akal sebelum layanan komersial mulai beroperasi. Pengembangan pendekatan untuk memanfaatkan Web harus diperluas menjadi lingkungan Web baru yang diciptakan (seperti Web P2P, misalnya).

Pemrosesan Bahasa Alami (Natural Language Processing/NPL)
Terdapat hal-hal penting yang berkaitan antara NPL dengan jaringn (web), diantaranya :
  1. Sebelumnya Natural Language sangat jarang digunakan, namun setelah beberapa tulisan membicarakan mengenai NPL hal inilah yang membuat NPL dipertimbangkan. Sebuah angka perkiraan baru-baru ini untuk ukuran dari Web adalah dua ribu miliar kata, yang 71% adalah bahasa Inggris, 6,8% Jepang dan 5,1% Jerman. banyak yang relatif bahasa umum seperti Slovenia atau Melayu bisa membanggakan 100m kata online, ukuran yang sama seperti Nasional Inggris yang banyak digunakan dan dihormati.
  2. Mengingat masalah dari skala Web, teknik NLP akan menjadi penting dalam tugas-tugas seperti summarisation (lihat, misalnya, tahunan Dokumen Memahami Conference - http://duc.nist.gov/ dan [69]), yang dapat memberikan dukungan yang berguna untuk bagian-bagian manusia tugas pencarian.
  3.  NLP memiliki potensi besar untuk pembangunan jenis antarmuka intuitif yang heterogen dan belum tentu computerliterateWeb komunitas pengguna membutuhkan. NLP digunakan untuk menemukan dan mengungkapkan metadata. Teks yang mengandung tidak terstruktur data sekarang dapat dipetakan ke sumber daya yang ada seperti ontologi untuk menyediakan markup dan penjelasan, setelah sesi pelatihan awal.
 source:
http://auliaakbar90.blogspot.co.id/2011/02/pengertian-dan-perkembangan-web-science.html
http://www.nowpublishers.com/article/Details/WEB-001
Previous
Next Post »