Analisis Web

 
Pada pembahasan sebelumnya kita telah mempelajari tentang Framework For Web Science. Kini kita akan memabhas lebih lanjut tentang Analisis Web yang dibagi menjadi 3 pembahasan yaitu : Web Topologi, Struktur Web dan Investigasi Grafik Teori.
 
A.    Web Topologi
Web adalah salah satu layanan yang didapat oleh pemakai computer yang terhubung ke internet. Web ini menyediakan informasi bagi pemakai computer yang terhubung ke internet dari sekedar informasi “sampah” atau informasi yang tidak berguna sama sekali sampai informasi yang serius; dari informasi yang gratisan sampai informasi yang komersial. Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Analisis Web adalah pengukuran, pengumpulan, analisis dan pelaporan data internet untuk tujuan memahami dan mengoptimalkan penggunaan web. Metodologi adalah cara-cara yang digunakan oleh seseorang secara rutin dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Jadi Metodologi Analisis Web adalah cara yang digunakan untuk mengoptimalkan sebuah web dengan melakukan pengumpulan serta pengukuran data pada internet. 

B.     Struktur Web
Struktur Situs Web merupakan bagian yang sangat penting yang harus dikuasai oleh seorang web designer. Dalam suatu organisasi apapun, pasti memiliki struktur organisasi. Organisasi situs web mengatur bagaimana hubungan antar halaman web, sehingga membuat pengunjung situs menjadi nyaman. Struktur situs web terbagi menjadi 4 yaitu: Struktur linier murni, struktur linier dengan halaman tambahan, struktur linier dengan halaman pilihan dan struktur linier dengan halaman alternative.dalam struktur web juga terdapat jenis-jenis struktur hierarki nya yaitu: Struktur hierarki lebar dan Struktur hierarki pendek.

C.    Investigasi Grafik Teori
Paradigma yang paling terkenal untuk mempelajari web adalah grafik teoru, seringpula ditemukan struktur yang sering disebut sebagai bentuk bowtie (dasi kupu-kupu). SCC atau (Strongly Connected Cluster) jalur protocol, link masuk jadi satu kesatuan yang kuat, link keluar terlepas dari kesatuan tersebut. In: Link yang terhubung langsung dengan SCC tapi SCC tidak bisa balik lagi ke link tersebut. Out: contoh (Sharing suatu berita berupa link).





Previous
Next Post »