Matematika Web





Matematika web merupakan sebuah metode untuk memahami dasar-dasar algoritma internet dan algoritma web. Wawasan mengenai algoritma pada masalah jaringan, dalam konteks ini protokol lah yang mendasari web, dan fungsi algoritma dalam konteks web memberikan beberapa bukti yang paling meyakinkan untuk seseorang yang ingin memperdebatkan bahwa web adalah lingkungan yang penting.

1.      Model Rasional
Salah satu paradigma penting adalah bahwa dari ekonomi mikro, mathematika diskrit, teori pilihan rasional dan teori permainan. Meskipun pengguna individu mungkin atau mungkin tidak "rasional", itu telah lama mencatat bahwa secara massal orang berperilaku sebagai maximisers utilitas. Web tidak memiliki mekanisme koordinasi pusat, namun menghasilkan sistematis menarik. Perilaku berkat insentif dan kendala dikenakan baik oleh arsitektur, protokol dan standar mereka. Interaksi dengan sifat sosial atau psikologis pengguna atau desainer. Apakah ada batas atas untuk utilitas dari kebebasan yang desentralisasi telah menghasilkan? Karena meningkatnya jumlah pengguna, akan kemungkinan bahwa pilihan yang satu membuat menimpa pada berbagai pilihan yang tersedia untuk meningkatkan orang lain, atau bahwa tidak sah ekstrapolasi dari dunia nyata dengan parameter spasial tetap? Jawaban untuk pertanyaan itu, bagaimanapun matematika, akan memiliki efek besar pada pemerintahan Web. Kunci keberhasilan dari Web terletak pada efek jaringanmenghubungkan ke sumber daya, jika yang baik memiliki efek jaringan, maka nilai yang meningkat baik untuk pemilik individu pemilik makin banyak, dan semua hal yang sama dengan lebih kaya set link penggunaan lebih Penyambungan. Jaringan efek dapat berupa langsung atau tidak langsung. Sebuah efek langsung adalah di mana permintaan untuk barang dihubungkan dengan jumlah orang yang memilikinya - telepon dan email menjadi contoh utama.

2.      Model Information Retrival
IR (Information Retrieval/ Menemukan kembali informasi) adalah ilmu yang mempelajari prosedur dan metode untuk menemukan kembali informasi yang tersimpan dari berbagai sumber yang dibutuhkan, caranya dengan menggunakan index, pencarian dan pemanggilan data kembali.

3.      Pencarian berbasis struktur
Hasil IR ini benar-benar membawa pencarian ke era web, tujuan pencarian adalah untuk mengambil kembali halaman yang relevan dengan pengguna, halaman-halaman yang diakses memberikan pembaca informasi yang sesuai atau mengarahkan pembaca ke sumber lain yang isi nya relevan. 

4.      Metode Matematika untuk Mendeskripsikan Struktur
Teori Perlokasi : Merupakan suatu teori tentang proses dalam media 2 dimensi (atau lebih) ideal, untuk melihat kontribusi topologi terhadap toleransi kesalahan. Teori perlokasi menunjukan bahwa jaringan skala bebas agak lebih rentan terhadap serangan yang diarahkan dan serangan yang terkoordinasi, bahkan jika mereka kuat terhadap random failure (kegagalan acak).

5.      Metode Matematika untuk Mendeskripsikan Layanan
Teori Petri model sistem jaringan terdistribusi diskrit, dimana web adalah contoh utama. Efek dari teori ini menambahkan gagasan dari persetujuan dengan ide dari mesin negara, dan telah disarankan sebagai sarana penting untuk memodelkan layanan Web. Proses aljabar, seperti CSP atau CCS juga dapat memodelkan pengolahan paralel. Mereka menyediakan serangkaian konstruksi untuk pemrosesan dinamis informasi dan komunikasi dari output dan input yang diminta, seperti tindakan, urutan tindakan, fungsi pilihan, proses dan metode sinkronisasi. Salah satu perkembangan terbaru adalah π kalkulus (dinamai dengan kalkulus λ), yang merupakan pengembangan dari proses aljabar (khususnya cabang CCS) yang dirancang untuk memberikan mobilitas dalam proses pemodelan. π kalkulus minimal (mengandung sedikit lebih banyak dari pada saluran komunikasi, variabel, replikasi dan konkurensi), namun dapat diperluas dengan mudah untuk mencakup fungsi orde pertama dan dasar pemrograman konstruksi.

referensi:
http://ilhamrramadhan.blogspot.co.id/2016/05/matematika-web.html

Previous
Next Post »