Aplikasi Digital Cinema Berbasis Desktop : 3D Studio Max




Aplikasi Digital Cinema Berbasis Desktop : 3D Studio Max



Dilansir dari Wikipedia 3D Studio Max atau biasa disebut 3Ds MAX atau MAX merupakan sebuah perangkat lunak grafik vector 3-dimensi dan animasi, yang ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (Dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix). Perangkat lunak ini merupakan versi upgrade dari perangkat sebelumnya yaitu 3D Studio fo DOS, yang digunakan untuk platform Win32. 

Pada masa itu Kinetix mulai bergabung dengan akuisi terakhir Autodesk yakni Discreet Logic. Versi terbaru dari MAX yang rilis pada Juli 2005 adalah 7.3Ds Max AutoDesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini telah diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.
MAX merupakan salah satu software aplikasi digital berbasis desktop yang cukup banyak digunakan sekarang ini, hal itu tidak luput dari berbagai fitur yang disediakan dalam MAX seperti menggunakan platform Microsoft Windows, fitur edit yang lengkap serta arsitektur plugin yang banyak.

Fungsi 3D Studio Max
Dalam peranannya MAX kerap kali digunakan untuk pembuatan film animasi 3D maupun finishing object, baik untuk keperluan iklan, arsitektural (interior dan exterior, 3D building design) dan keperluan lain yang berhubungan dengan objek 3 Dimensi.
Berikut ini merupakan kelebihan maupun kekurangan apabila menggunakan MAX:

Kelebihan 
v  Mudah dipelajari bagi pemula.
v  Dapat merealisasikan objek virtual 3D.
v  Mampu memberi kesan material mendekati unsur aslinya.
v  Mampu memberikan efek khusus pada hasil akhir produk seperti: efek cahaya, bayangan, atmosfer seperti api, kabut dan lighting.
v  Gambar dapat digerakkan dan dirubah bentuk sesuai dengan proses animasi yang diinginkan.

Kekurangan
v  Kemampuan untuk membuat karya visual dengan pencahayaan kompleks membutuhkan waktu yang lama.
v  Pembuatan lanskap yang sedikit karena  sulit untuk kamera.
v  Kamera memilki kecenderungan untuk memperbesar dan keluar dengan cara kereta jika benda besar dimasukkan atas benda kecil dalam program ini.

Referensi:






 
Previous
Next Post »