Aplikasi Digital Cinema Berbasis Desktop : LightWave 3D



Aplikasi Digital Cinema Berbasis Desktop : LightWave 3D





Dilansir dari Wikipedia, LightWave 3D merupakan sebuah program grafik komputer yang juga digunakan untuk pemodelan 3D, rendering, dan animasi. Walaupun software ini berasal dari Commodore Amiga namun software ini juga telah diport untuk mendukung Mac OS X dan Windows, dan mesin rendernya telah diport ke platform Linux.

LightWave 3D telah lama dikenal karena kemampuan renderingnya yang bagus dan interface pengguna yang tidak biasa. Misal ikon tidak digunakan, dan fungs diberi judul deskriptif. Tidak jauh beda dengan software aplikasi 3D lain, LightWave juga terdiri dari 2 bagian lingkungan pemodelan objek yakni : model 3D (atau meshes) dan model lingkungan animasi yang dimana model tersebut diatur dan dianimasikan untuk kegiatan render. Yang membedakan dengan paket lainnya, dua model ini merupakan bagian yang terpisah. Adapula aplikasi render terpisah yang dapat dijalankan pda banyak mesin.

LightWave merupakan aplikasi multi-threaded dan dapat menggunakan sebanyak 8 prosesor dalam mesin yang sama dan pada waktu yang sama pula ketika merender gambar. Seorang programmer juga bisa mengembangkan kemampuan LightWave dengan menggunakan SDK yang telah termasuk dengan menggunakan Bahasa “Scripting” khusus yang disebut LScript. SDK ini mendasari Bahasa C dan kelebihannya hampir semua dapat diciptakan, mulai dari shader sendiri sampai ke pengekspor format pandangan yang berbeda. Plugin dalam LightWave juga gratis dan dapat dikembangkan serta diperoleh dari berbagai pengembang berbeda di seluruh dunia.

Adapun beberapa kelebihan dan kekurangan apabila menggunakan LightWave 3D :

Kelebihan

·         Dapat membuat animasi 3D.
·         Memiliki kemampuan rendering yang bagus dan smooth.
·         Memiliki lingkungan pemodelan yang terpisah.
·         Mempunyai sistem skematik yang mempermudah pengorganisasan bone yang mempermudah proses pembuatan animasi.
·         Fitur/layanan canggih dan lengkap.

Kekurangan

·         Tidak jauh beda dengan Maya, untuk mencoba aplikasi LightWave kita membutuhkan uang cukup besar yakni $1395 (USD) pertahun.

Referensi:

Previous
Next Post »