Berbagi Ilmu: Apa itu Game Theory (Teori Permainan)

Berbagi Ilmu: Apa itu Game Theory (Teori Permainan)


Menurut Dimiyati (1992), teori permainan merupakan bagian dari ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan pembuatan keputusan pada saat dua pihak atau lebih berada dalam kondisi persaingan atau konflik. Pihak-pihak yang bersaing itu diasumsikan bersifat rasional dan cerdas, artinya masing-masing pihak akan melakukan strategi tindakan yang rasional untuk memenangkan persaingan itu, dan masing-masing pihak juga mengetahui strategi pihak lawannya. Selanjutnya pihak tersebut disebut pemain.
Sedangkan menurut Ayu (1996), teori permainan merupakan suatu pendekatan matematis untuk merumuskan situasi persaingan dan konflik antara berbagai kepentingan. Di dalam teori permainan tersebut melibatkan dua atau lebih pengambil keputusan atau yang disebut pemain. Setiap pemain dalam teori permainan mempunyai keinginan untuk menang.

Teori permainan ini awalnya dikembangkan oleh seorang ahli matematika perancis yang bernama Emile Borel pada tahun 1921. Yang selanjutnya dikembangkan lebih lanjut oleh John Van Neemann dan Oskar Morgenstern sebagai alat untuk merumuskan perilaku ekonomi yang bersaing. John Van Neemann dan Oskar Morgenstern mengungkapkan bahwa, “Permainan terdiri atas sekumpulan peraturan yang membangun situasi bersaing dari dua sampai beberapa orang atau kelompok dengan memilih strategi yang dibangun untuk memaksimalkan kemenangan sendiri atau pun untuk meminimalkan kemenangan lawan. Peraturan-peraturan menentukan kemungkinan tindakan untuk setiap pemain, sejumlah keterangan diterima setiap pemain sebagai kemajuan bermain, dan sejumlah kemenangan atau kekalahan dalam berbagai situasi.”

Lalu terdapat dua jenis strategi permainan yang dapat digunakan pada teori permainan, yaitu pure strategy (setiap pemain mempergunakan strategi tunggal) dan mixed strategy uang memiliki arti setiap pemain menggunakan campuran dari berbagai strategi yang berbeda-beda. Pure strategy digunakan untuk jenis permainan yang hasil optimalnya mempunyai saddle point sedangkan mixed strategy digunakan untuk mencari solusi optimal dari kasus teori permainan yang tidak mempunyai saddle point.

Referensi:
http://www.academia.edu/4567775/GAME_THEORY_TEORI_PERMAINAN_Objektif_Pemain_A_Pemain_BPemain_A_Pemain_BPemain_A_Pemain_B


Previous
Next Post »