Berbagi Ilmu: 10 Jenis Tipe Web Developer



Berbagi Ilmu: 10 Jenis Tipe Web Developer 


Setiap developer memiliki preferensi masing-masing serta gaya bekerja yang sangat berbeda meskipun mereka melakukan pekerjaan yang sama.

Ada yang alami menulis kode, ada yang copas, ada yang perfeksionis, dan lain sebagainya. Namun semuanya tetaplah web developer yang seharusnya bisa diandalkan untuk membuat sebuah website yang bisa mengatasi masalah yang dihadapi oleh klien nya.

Berikut adalah sepuluh tipe web developer yang perlu Anda ketahui.

1. The Purists                      
Tipe ini adalah jenis web developer yang tetap berpegang pada aturan tradisional, biasanya tipe ini tidak suka menggunakan framework ataupun librari, mereka suka menulis kode murni dari bahasa pemograman.
Mereka biasanya akan lebih memiliki mengunakan Vanilla Javascript dibandingkan Jquery setiap kali membuat website. Mereka tidak akan memiliki banyak masalah untuk membuat website dengan bahasa murni dan dengan cara-cara tradisional, namun mereka juga tidak sepenuhnya menutup diri dengan kerangka kerja tersebut, ketika permintaannya harus dibuat dengan “jquery” tentu mereka juga akan tetap menyanggupi.

2. The Doers
Seseorang tentu saja harus dapat menyelesaikan pekerjaan yang mereka lakukan, tidak peduli apapun itu, bagi si Doers, prioritas mereka adalah untuk menyelesaikan pekerjaan. Mereka biasanya akan selalu up-to-date dengan framework terbaru dan tercepat, librari dan alur kerja yang teratur. Mereka memiliki banyak modul sebelum memulai membuat website, semua diurutkan agar bisa digunakan dengan cepat ketika sedang mengerjakan proyek website. Mereka biasanya akan mengatur segala sesuatu untuk kelancaran produksi, biasanya orang seperti ini akan bekerja dengan menggunakan Grunt atau Gulp.

3. Polyglots
Polyglots adalah orang yang menggunakan beberapa bahasa pemrograman; mereka bahkan mengerjakan masalah SQL juga dan SASS juga, PHP juga Java hajar juga. Menurut mereka bekerja dengan satu bahasa pemrograman hampir mustahil dalam pengembangan website, hal tersebut terkadang memang sulit dihindari.
Biasanya orang tipe ini akan sangat mudah dalam belajar bahasa pemograman baru, tidak semua orang bisa menjadi front-end dan back-end sekaligus, namun buat mereka itu hal yang biasa saja dan sering dilakukan.

4. The Perfectionists
Tipe perfeksionis ini tentu saja mengambil bagian juga dalam dunia pengembangan web, bukan berarti mereka menulis kode dengan paling sempurna dan tanpa cacat. Namun kesempurnaan mereka adalah terlihat dari kode yang mereka buat, mereka biasanya membuat komentar dengan jelas untuk sebuah fungsi tertentu, memperhatikan penamaan variabel yang baik dan benar, dan mereka membuat dokumentasi yang baik.

5. The Artsy
Dalam hal pengembangan web, kita bisa sebut CSS sebagai yang paling utama. Bentuk, warna, animasi, filter dan lainnya yang berhubungan dengan visual.
Mereka bukan desainer, atau bisa juga ada jiwa desain, namun ranah mereka adalah developer. Mereka mengekspresikan seni mereka dengan kode dibanding dengan Adobe Illustrator ataupun After Effect.

6. The Reuser
Tidak semua programmer suka menulis kode dari awal untuk sebuah website baru. Banyak orang yang menulis kode untuk sekali pakai saja, kemudian jika ingin membuat website baru, mereka mengulangi lagi.
Namun Reuser tidak seperti itu, mereka cenderung membuat pondasi kode awal yang kuat dan bagus, yang bisa digunakan lagi dilain waktu walaupun untuk tipe dan jenis website yang berbeda, mereka tinggal mengubah sedikit saja maka jadilah kode lama yang bisa digunakan untuk website baru lagi karena kode yang mereka buat reuseable.

7. The Bookworms
Tidak semua programmer suka membaca dan menambah pengetahuannya tentang bahasa yang mereka pelajari. Kadang programmer hanya mempelajari fungsi-fungsi yang diperlukan untuk membuat website secara umum saja, namun berbeda dengan si kutu buku. Mereka rajin membaca dan mengetahui seluk-beluk dari bahasa pemograman yang mereka pelajari. Hampir semua fungsi mereka kuasai, teknik pemograman merekapun lebih baik, metode penyelesaiin masalah juga beragam karena kegemaran mereka membaca dan belajar dari kesalahan orang lain yang tertulis di buku.

8. The Debuggers
Debugging adalah skil yang terdapat dalam diri mereka. Mereka bisa mencari tau dan mengerti solusi ketika halaman memunculkan “Internal server error 500”. Debugger tidak hanya mampu menemukan bug dalam kode mereka sendiri namun juga mampu menemukan bug pada kode yang ditulis oleh orang lain (yang merupakan mimpi buruk setiap pengembang dalam dirinya sendiri).
Mereka biasanya berpengalaman dengan semua alat debugging dan mereka tau harus menggunakannya di browser atau di IDE. Namun selain alat, mereka juga memiliki pengetahuan yang mumpuni dalam menemukan pemicu masalah tersebut.
Debugger biasanya akan mengamati baris demi bari dari kode program dan menemukan dibagian mana ada yang hilang, atau kurang. Tidak ada tanda “;” yang terlewat buat mereka.

9. The Researchers
Web developer tipe peneliti tentu saja ada, bukan hanya untuk mengatasi kode mereka sendiri, namun mereka senang untuk mencari solusi yang diajukan seseorang di forum diskusi, dipostingan blog, biasanya anda banyak menemukan mereka di StackOverflow.
Tidak ada basa-basi, tidak ada penjurian disana, mereka hanya berbagi untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi orang lain. Mereka berbagi, mereka meneliti permasalah dengan membaca dokumentasi, melakukan percobaan sendiri dan mereka akan membagikan temuan mereka untuk diketahui oleh orang lain.

10. The Sociables
Walaupun menyalin kode dari satu sama lain, namun web developer masih tetap bersama-sama sebagai bagian dari masyarakat yang makan, bernafas dan hidup dari kode. Secara fisik meskipun hanya duduk di depan komputer sendiri, sendiri bukan berarti kesepian, sebagian web developer mereka merasa nyaman dengan kesendirian. Mereka asik sendiri dan tidak bersosialisasi.
Namun ada juga yang suka bersosialisasi, mereka tidak sungkan bertemu dengan orang lain untuk minum bersama, bercerita tentang lelucon, berbicara tentang teknologi terbaru dan terbaik, sangat antusias membicarakan rilis terbaru dari sebuah perangkat lunak.

Referensi: http://www.jurnalweb.com/jenis-dan-tipe-web-developer-secara-umum/#comment-27704
http://srirahayuuu.blogspot.co.id/2016/11/game-development-tipe-web-developer.html







Previous
Next Post »