Peran-peran Dalam Game Development



PERAN-PERAN DALAM GAME DEVELOPMENT 

Dalam pengembangan video game, ada beberapa peran yang diketahui yaitu: 

Produser 
Pembuatan video game diawasi oleh produser internal dan eksternal. Produser yang bekerja untuk sang developer disebut produser internal dan bertugas mengatur tim pengembangan game, jadwal, laporan, staff, dll. Produser yang bekerja untuk penerbit game disebut produser eksternal yang bertugas mengawasi kemajuan dan dana sang developer. Kewajiban seorang produser meliputi Public Relations, negosiasi kontak, penghubung antara staff dan atasan, jadwal dan anggaran pemeliharaan, penjamin kualitas, pengelolaan beta test , dan lokalisasi

Penerbit
Penerbit adalah sebuah perusahaan yang menerbitkan video game yang telah dikembangkan dari dalam perusahaan sendiri atau dari perusahaan luar.

Designer
Designer bertugas mendesain permainan, membayangkan dan mendesain aturan dan struktur dari sebuah video game. Untuk proyek yang besar biasanya ada bagian berbeda untuk para desainer seperti mekanika dalam game, antarmuka pengguna, karakter, dialog,dll.

Artist
Artiss adalah orang-orang yang bertugas membuat art untuk video game biasanya diawasi oleh art director. Tugas seorang artist bisa berorientasi dua dimensi ataupun tiga dimensi.

Programmer
Game programmer adalah teknisi software yang tugas utamanya adalah mengembangkan video game pada bagian softwarenya.Pengembangan  Basis kode untuk sebuah game ditangani oleh para programmer.Hal-hal yang ditangani para programmer biasanya adalah physics(hokum fisika) dalam game, AI(artificial intelligence) dalam game, grafis, suara, permainan, antarmuka, proses masukkan, komunikasi jaringan, alat-alat dalam game.

Level Designer
Level Designer adalah orang-orang yang membuat level, tantangan atau misi dalam video game menggunakan program. Program-program yang digunakan biasanya program desain 2D atau 3D.

Sound engineer 
Sound engineer adalah teknisi professional yang bertanggung jawab kepada efek suara dan penempatannya, mereka juga biasanya mengawasi asset-aset lain dalam pembuatan suara.

Tester
Tester adalah orang-orang yang mencoba game yang dikembangkan lalu menganalisa video game tersebut untuk mencari bagian “cacat” dalam video game tersebut. Tester biasanya adalah bagian dari control kualitas.


Previous
Next Post »