Berbagi Ilmu: Apa sih itu Game Development?



Berbagi Ilmu: Apa sih itu Game Development?


Game Development itu adalah proses membuat video game, development dilakukan oleh si game developer, yang biasanya berjarak dari personal atau bisnis (bisnis game). PC komersial tradisional dan konsol biasanya didanai oleh penerbit dan mengambil beberapa tahun untuk berkembang.
 
Video game pertama dikembangkan pada tahun 1960, tetapi diperlukan komputer mainframe dan tidak tersedia untuk masyarakat umum , sehingga membuat perkembangan game menjadi lambat pada waktu itu. pengembangan game komersial dimulai pada 1970-an dengan munculnya generasi pertama konsol video game dan komputer rumah.

Karena biaya rendah dan kemampuan rendah komputer, programmer tunggal bisa mengembangkan permainan penuh. Namun, mendekati abad ke-21, yang terus meningkat kekuatan pemrosesan komputer dan harapan konsumen tinggi membuatnya sulit untuk satu pengembang untuk menghasilkan konsol utama atau game PC

Karena kurangnya biaya dan kemampuan komputer yang tidak mencukupi, programmer haris mengembangkan gamenya sendiri secara penuh. Namun, mendekati abad ke-21, yang terus meningkat kekuatan komputer dan harapan konsumen tinggi membuat programer sulit untuk menghasilkan konsol utama atau game PC. Biaya rata-rata memproduksi video game perlahan naik dari US $ 1-4000000 pada tahun 2000 untuk lebih dari $ 5 juta pada tahun 2006, kemudian ke lebih dari $ 20 juta pada tahun 2010

Game Developler itu apa sih...

Opening
Kamu suka banget dengan yang namanya game? . Kamu suka memainkan game mu dikala sengang?  Yap, siapa sih yang nggak suka game?. Kalau belum percaya, coba cek gadged teman-teman mu. Rasanya hampir semua menginstal game dan memainkannya jikalau ada waktu. Game sudah mirip seperti hiburan yang ada di telapak tangan.

Dunia sejak berubah sejak lama, begitu juga game. Dulu, kita udah seneng banget mainin game dalam gembot . Beberapa tahun kemudian kita beralih ke PS atau sekedar game ular-ularan di hp jadul. Sekarang, game ikut canggih seiring semakin kerenya teknologi. Game bisa dimainkan melalui komputer dan juga melalui gadged. Saat koneksi di Indonesia juga semakin stabil, game offline mulai mundur dan digantikan oleh game online. Serunya saat game online mulai muncul adalah, kita bisa berduel dengan orang lain. Jadi tidak selamanya asyik sendirian.

Semakin kesini, game menjadi suatu hal yang profitable.  Game kian menggoda dengan keuntungan yang dia tawarkan. Pasar game kian meluas. Dari anak-anak hingga dewasa. Semua menyukai game. Genre dan tipe game juga semakin variatif dan berubah secara dinamis. Beberapa bulan yang lalu, Clash Of Clan masih yang paling ngehits. Akhir bulan ini, game lokal “duel otak” menempati rating tertinggi

Tahu gak sih Game Bantu Angkat Pertumbuhan Ekonomi  

 Di Amerika Serikat, game menyumbang pemasukan yang lumayan besar untuk pemerintah. Bahkan game industry diangkat menjadi salah satu “Fastest growing sectors”. Yah, Industri game di US menghasilkan $111.1 milyar di tahun 2015. Perusahaan software game juga melaporkan mendapat transaksi sebesar $6.1 milyar. Sebuah jumlah yang hampir mengalahkan industry perfilman di Hollywood. 
Sedangkan di Indonesia, game dan industry kreatif menyumbang pemasukan sejumah Rp.1 trilliun. Sekitar 100 lebih game developer mulai bermunculan dan menciptakan sebuah karya yang menarik. Bukan hanya ditunggu – tunggu di Indonesia, namun juga pecinta game di seluruh dunia.
See? Industri game menjadi lahan baru berbisnis sekaligus menyalurkan hobi.

Perlu Belajar Sebelum Menjadi Game Developer

Memainkan game memang mudah, tapi membuat game membutuhkan ketekunan sendiri. Dibutuhkan kerjasama dengan beberapa orang untuk membuat sebuah game yang dapat diterima oleh pasar. Ya bisa sih sendiri, tapi pasti akan memakan waktu lebih lama. Setidaknya, kita membutuhkan seorang designer, penulis dan juga programmer untuk menciptakan sebuah game menarik. Namun, dibalik segala kerumitanya, mampu membuat game jauh lebih memuaskan dari pada sekedar memainkanya. Itu mengapa, banyak game developer sukses, dulunya adalah seorang game addict.
Sebelum bisa bergabung dalam perusahaan game terkemuka atau membuat bisnis kita sendiri, seorang game developer harus mempunyai beberpa hal dibawah ini :
1.      Gamers sejati
2.      Kemampuan programming
3.      2D / 3D Content creation
4.      Structure of game production
5.      Calculus
6.      Image rendering

Dan masih banyak lagi. Ilmu-ilmu tersebut biasa diperoleh di sekolah-sekolah game development. Jumlahnya belum terlalu banyak di Indonesia. Namun, kamu bisa  terbang ke Negara Paman Sam jika ingin mendalami game development. Ada banyak universitas yang bisa kamu pilih. Beberapa kota di Amerika juga menjadi kota yang bisa kamu hinggapi sementara untuk mencari pengalaman dan mengembangkan karir di dunia kreatif.

Referensi:
Previous
Next Post »