Implementasi Komputer Grafik Dalam Salah Satu Game




Pada ulasan kali ini, saya akan menggunakan game PES 2012 (Pro Evolution Soccer) sebagai contoh implementasinya. PES merupakan sebuah game pc simulasi permainan sepak bola yang memiliki grafis yang luar biasa. Selain gameplay, salah satu ukuran penting dalam game simulasi sepak bola adalah kualitas grafis yang ditampilkan. PES 2012 menampilkan tampilan menu game yang sangat berbeda dan memiliki tampilan grafis seperti permainan sepak bola sesungguhnya. Beberapa unsur realisme yang terdapat pada game ini adalah:
§  Realisme Fakta
Pada game ini Animasi yang ditampilkan pada pergerakkan pemain terlihat lebih hidup, alami dan juga game ini menanamkan teknologi Physics. Ekspresi wajah ketika mencetak gol dan dilanggar oleh pemain lain dapat lebih terlihat hidup. Kostum pemain terlihat lebih nyata dari sisi pencahayaan.
Tampilan replay yang disajikan pada saat pemain melakukan pelanggaran juga terlihat lebih halus dan nyata. Pada saat bermain game hanya akan menampilkan informasi skor, waktu dan radar dibagian bawah. Lebih simpel seperti yang biasa seperti kita menonton pertandingan sepak bola. Selama permainan PES 2012 akan menampilkan informasi-informasi seputar pertandingan yang sedang berlangsung seperti jumlah shot on target, shot on goal, dan lain nya seperti ketika kita sedang nonton sepak bola sesungguhnya.
§  Realisme Random Event
Pada game ini pemain juga stamina yang berbeda-beda, sehingga pada pertandingan pemain bisa merasakan letih, dan juga jika terjadi pelanggaran maka pemainnya juga bisa mengalami cidera, sehingga harus digantikan oleh pemain lain.
Selain itu penentuan tim yang lolos kualifikasi dalam sebuah pertandingan liga di tentukan oleh komputer secara random juga, sebelum liga tersebut dijalankan. Terdapat juga kondisi cuaca yang akan berubah-ubah saat pertandingan liga berjalan, jika terjadi hujan maka kontrol bola akan menjadi lebih sulit dilakukan
§  Realisme Hukum Fisika
Para pemain memiliki skill individu masing-masing di sesuaikan dengan pemain aslinya. Sehingga kecepatan berlari, kemampuan menggiring bola, keakuratan tendangan dari pemain-pemain nya di buat sama seperti pemain asli nya. Sehingga simulasi pertandingan dapat dibuat sama seperti aslinya. Sehingga berdasarkan kemampuan pemain tersebut dapat dibuat animasi tendangan bola yang sesuai dengan hukum fisika yaitu gerak parabola saat pemain menendang bola menlengkung,
Hal ini dapat dilakukan dengan menghitung dari kemampuan tendangan / shoot power dari pemain, sehingga pemain yang memiliki shoot power yang lebih tinggi dapat membuat bola melambung lebih jauh dan lebih cepat, dimana pada saat menendang bola juga terdapat hukum momentum didalam nya sehingga pantulan bola dibuat tampak seperti aslinya.
§  Realisme Audio / Visual
Pada realitas audionya terdapat suara penonton yang meramaikan pertandingan, suara penonton akan terdengar semakin keras jika bola telah masuk dalam kotak penalty, selain itu juga ada suara komentator yang mengomentari jalannya pertandingan, suara komentator ini diambil dari salah satu komentator sepakbola asli, sehingga terdengar seperti pada pertandingan bola sesungguhnya.
Pada saat pemain menendang bola juga akan terdengar suara tendangan bola dan jika bola membentur tiang akan terdengar bunyi tiang berdengung. Pada realitas visual nya Terdapat beberapa karakter yang ada dalam game ini yaitu karakter pemain, karakter pelatih dan juga karakter wasit. Karakter pemain berbentuk sama seperti manusia, tampilan wajah nya, postur tubuh nya, tinggi pemain nya juga persis seperti pemain asli nya.
Spesifikasi Komputer untuk Game Pro Evolution Soccer 2012:
  • CPU : Minimum: Pentium IV or Athlon XP 1.8 mhz
  • RAM :1 GB
  • Operating System : Windows XP/Vista/7
  • Video Card : AGP Video Card with 256 MB and a DirectX 9 compatible driver (GeForce4+ /Radeon 7500+)
  • DirectX Version : 9c
  • Free Disk Space : 2 GB
http://www.jagatreview.com/2011/10/review-pro-evolution-soccer-2012-inovasi-gameplay-yang-signifikan/
Previous
Next Post »