Perkembangan Teknologi Game



Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai perkembangan teknologi game, sebelumnya kita perlu tahu apasih Teknologi Game itu?
Teknologi Game terdiri dari 2 kata, yaitu Teknologi dan Game. Secara umum Teknologi merupakan suatu entitas, benda maupun bukan benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan Game merupakan permainan yang menggunakan interaksi antarmuka oengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video.
Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa Teknologi Game merupakan proses yang dapat dilakukan oleh sebuah sistem ataupun perangkat keras yang dijalankan untuk mendukung kinerja dari Game atau permainan itu sendiri.

Sejarah perkembangan Game
Sejak dahulu dunia game merupakan salah satu yang paling banyak diminati. Terutama untuk kaum pria dari berbagai kalangan umur.  Game yang dimainkan pun memiliki berbagai jenis seperti game portable, game pc maupun game mobile. Semakin maju perkembangan teknologi game dapat kita lihat dari logika, desain  ataupun audio dari game tersebut. Berikut ini merupakan perkembangan Teknologi Game dari generasi pertama sampai sekarang:
Ø  Generasi Pertama (1952-1975)

Teknologi Game pertama diciptakan oleh A.S. Douglas pada tahun 1952 di University of Cambridge yaitu OXO untuk mendemostrasikan tesisnya mengenai interaksi antara manusia dengan computer. Kemudian douglas menciptakan game versi Tic-Tac-Toe yang diprogram pada computer EDSAC vaccum-tube yang menggunakan layar CRT.
Kemudian pada tahun 1958 William Higinbotham menciptakan game Tennis For Two. Game sederhana ini menampilkan lapangan tenis dari samping dan memperlihatkan seolah bola dipengaruhi oleh gravitasi dan harus melalui net.
Lalu pada tahun 1961 Steve Russel membuat game bernama Spacewar. Video game mengalami awal perkembangan pada tahun 1996 oleh pelajar yang kreatif pada masa itu, lalu berkembang lagi menjadi bentuk fisik perangkat video game untuk pertama kali nya yang dirilis pada tahun 1972 untuk pasar rumahan Magnavox Odyssey yang dihubungkan melalui perantara TV.
Namun pada tahun 1975 produsen Magnavox berhenti memproduksi odyssey karena berhasil mengenalkan mikroprosesor berbasis control lalu dipasarkanlah Odyssey 100 yaitu mesin yang khusus menyajikan game pong.
Ø  Generasi Kedua (1976-1983)

Perkembangan teknologi generasi kedua ini disebut sebagai debut pertama 8 bit atau kurang lebih 4 bit dalam sejarah komputer dan video game. Pada tahun 1976, Fairchild meluncurkan karyanya yaitu VES (Video Entertainment System).
Pada tahun 1980, berbagai produsen konsol  mulai menjadikan Atari 2600 sebagai konsep dasar pembuatan game, dan perkembangan game pun menjadi pesat. Generasi kedua ini ditandai dengan game Arcade 3D pertama keluaran Atari yaitu Battlezone, dan Pac-Man yang dikeluarkan oleh Namco.
Namun pada tahun 1983 eksistensi game mulai menurun karena kurang kreatifnya pengembangan game dan perkembangan pc yang semakin canggih menjadikan user lebih tertarik membeli pc dibandingkan membeli konsol game.
Ø  Generasi Ketiga (1983-1986)

Pada tahun 1983 konsol bernama Famicon/NES dirilis dan menjadi inovasi baru yang diciptakan oleh perusahaan bernama FAMICOM di Jepang. Konsol yang diciptakan FAMICOM ini merupakan konsol yang pertama kali menampilkan gambar dan resolusi tinggi.
FAMICOM atau yang lebih dikenal dengan nama Nintendo memiliki chip pengaman yag digunakan pada cartridge game mereka, sehingga seluruh game yang akan dirilis harus dengan seizing Nintendo, lalu muncul lah game legendaris Suoer Mario yang hingga saat ini masih banyak pemnat nya.
Karena game Super Mario ini sangat tren pada masa itu banyak perushaan software maupun hardware  yang menghentikan produksinya. Bahkan Nintendo memperluas pemasarannya ke Amerika. Pada era itu game konsol Nintendo mendominasi pasar video game disana dan terjadi perang konsol game antara perusahaan Nintenndo dan SEGA.
Ø  Generasi Keempat (1988-1993)
Teknologi game pada generasi empat merupakan perkembangan konsol game dengan 16 bit dan membawa perubahan pada gameplay, tata suara, dan grafik.
Pada tahun 1990 Nintendo kembali mengeluarkan konsol game generasi baru mereka yaitu SNES (Super Nintendi Entertainment System). Meskipun ada beberapa saingan produsen seperti NEC dan SNK, namun konsol game Nintendo tetap menjadi konsol terpopuler pada masa itu.
Pada tahun 1990 SEGA pun merilis Sega Megadrive yang menyita perhatian pecinta game, terutama di Amerika. Kemudian pada tahun 1991 dengan game Sonic The Hedgehognya SEGA berhasil membuat game yang tersebut lebih unggul daripada Super Mario dalam segi kualitasnya.
Ø  Generasi Kelima (1994-1999)

Tahun 1994, Atari kembali meluncurkan konsol game yang menyaingi SEGA dan Nintendo yaitu Atari Jaguar namun karena penggunaannya yang sulit tidak terlalu popular dikalangan pecinta game, ditambah lagi pada saat itu Sony juga mengeluarkan konsol berbasis CD yang jadi tren pula pada saat itu yang disebut dengan playstation.
Pada era ini juga disebut dengan era konsol 32 bit. Dan konsol game playstation yang dirilis oleh Sony pun menuai kesuksesan dengan menjadi konsol terlaris sepanjang masa pada keluaran pertamanya.
Ø  Generasi Ke enam (2000- sekarang)

Pada tahun 2000, Sony semakin merajalela dengan merilis Playstation 2 yang berbasis DVD yang ukurannya lebih kecil. Xbox yang merupakan keluaran Microsoft adalah satu-satunya saingan Playstation.
Meski tampilan Xbox sangat tajam dan berkualitas, namun ternyata game Xbox tidak dapat mengalahkan kepopuleran Playstation 2. Samapi saat ini Sony telah meluncurkan Playstation versi 3 dan 4.
Previous
Next Post »