Tugas Softskill Pertemuan 1



Perkembangan Teknologi Game
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai perkembangan teknologi game, sebelumnya kita perlu tahu apasih Teknologi Game itu?
Teknologi Game terdiri dari 2 kata, yaitu Teknologi dan Game. Secara umum Teknologi merupakan suatu entitas, benda maupun bukan benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan Game merupakan permainan yang menggunakan interaksi antarmuka oengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video.
Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa Teknologi Game merupakan proses yang dapat dilakukan oleh sebuah sistem ataupun perangkat keras yang dijalankan untuk mendukung kinerja dari Game atau permainan itu sendiri.
Sejarah perkembangan Game
Sejak dahulu dunia game merupakan salah satu yang paling banyak diminati. Terutama untuk kaum pria dari berbagai kalangan umur.  Game yang dimainkan pun memiliki berbagai jenis seperti game portable, game pc maupun game mobile. Semakin maju perkembangan teknologi game dapat kita lihat dari logika, desain  ataupun audio dari game tersebut. Berikut ini merupakan perkembangan Teknologi Game dari generasi pertama sampai sekarang:
Ø  Generasi Pertama (1952-1975)

Teknologi Game pertama diciptakan oleh A.S. Douglas pada tahun 1952 di University of Cambridge yaitu OXO untuk mendemostrasikan tesisnya mengenai interaksi antara manusia dengan computer. Kemudian douglas menciptakan game versi Tic-Tac-Toe yang diprogram pada computer EDSAC vaccum-tube yang menggunakan layar CRT.
Kemudian pada tahun 1958 William Higinbotham menciptakan game Tennis For Two. Game sederhana ini menampilkan lapangan tenis dari samping dan memperlihatkan seolah bola dipengaruhi oleh gravitasi dan harus melalui net.
Lalu pada tahun 1961 Steve Russel membuat game bernama Spacewar. Video game mengalami awal perkembangan pada tahun 1996 oleh pelajar yang kreatif pada masa itu, lalu berkembang lagi menjadi bentuk fisik perangkat video game untuk pertama kali nya yang dirilis pada tahun 1972 untuk pasar rumahan Magnavox Odyssey yang dihubungkan melalui perantara TV.
Namun pada tahun 1975 produsen Magnavox berhenti memproduksi odyssey karena berhasil mengenalkan mikroprosesor berbasis control lalu dipasarkanlah Odyssey 100 yaitu mesin yang khusus menyajikan game pong.
Ø  Generasi Kedua (1976-1983)
Perkembangan teknologi generasi kedua ini disebut sebagai debut pertama 8 bit atau kurang lebih 4 bit dalam sejarah komputer dan video game. Pada tahun 1976, Fairchild meluncurkan karyanya yaitu VES (Video Entertainment System).
Pada tahun 1980, berbagai produsen konsol  mulai menjadikan Atari 2600 sebagai konsep dasar pembuatan game, dan perkembangan game pun menjadi pesat. Generasi kedua ini ditandai dengan game Arcade 3D pertama keluaran Atari yaitu Battlezone, dan Pac-Man yang dikeluarkan oleh Namco.
Namun pada tahun 1983 eksistensi game mulai menurun karena kurang kreatifnya pengembangan game dan perkembangan pc yang semakin canggih menjadikan user lebih tertarik membeli pc dibandingkan membeli konsol game.
Ø  Generasi Ketiga (1983-1986)

Pada tahun 1983 konsol bernama Famicon/NES dirilis dan menjadi inovasi baru yang diciptakan oleh perusahaan bernama FAMICOM di Jepang. Konsol yang diciptakan FAMICOM ini merupakan konsol yang pertama kali menampilkan gambar dan resolusi tinggi.
FAMICOM atau yang lebih dikenal dengan nama Nintendo memiliki chip pengaman yag digunakan pada cartridge game mereka, sehingga seluruh game yang akan dirilis harus dengan seizing Nintendo, lalu muncul lah game legendaris Suoer Mario yang hingga saat ini masih banyak pemnat nya.
Karena game Super Mario ini sangat tren pada masa itu banyak perushaan software maupun hardware  yang menghentikan produksinya. Bahkan Nintendo memperluas pemasarannya ke Amerika. Pada era itu game konsol Nintendo mendominasi pasar video game disana dan terjadi perang konsol game antara perusahaan Nintenndo dan SEGA.
Ø  Generasi Keempat (1988-1993)

Teknologi game pada generasi empat merupakan perkembangan konsol game dengan 16 bit dan membawa perubahan pada gameplay, tata suara, dan grafik.
Pada tahun 1990 Nintendo kembali mengeluarkan konsol game generasi baru mereka yaitu SNES (Super Nintendi Entertainment System). Meskipun ada beberapa saingan produsen seperti NEC dan SNK, namun konsol game Nintendo tetap menjadi konsol terpopuler pada masa itu.
Pada tahun 1990 SEGA pun merilis Sega Megadrive yang menyita perhatian pecinta game, terutama di Amerika. Kemudian pada tahun 1991 dengan game Sonic The Hedgehognya SEGA berhasil membuat game yang tersebut lebih unggul daripada Super Mario dalam segi kualitasnya.
Ø  Generasi Kelima (1994-1999)

Tahun 1994, Atari kembali meluncurkan konsol game yang menyaingi SEGA dan Nintendo yaitu Atari Jaguar namun karena penggunaannya yang sulit tidak terlalu popular dikalangan pecinta game, ditambah lagi pada saat itu Sony juga mengeluarkan konsol berbasis CD yang jadi tren pula pada saat itu yang disebut dengan playstation.
Pada era ini juga disebut dengan era konsol 32 bit. Dan konsol game playstation yang dirilis oleh Sony pun menuai kesuksesan dengan menjadi konsol terlaris sepanjang masa pada keluaran pertamanya.
Ø  Generasi Ke enam (2000- sekarang)

Pada tahun 2000, Sony semakin merajalela dengan merilis Playstation 2 yang berbasis DVD yang ukurannya lebih kecil. Xbox yang merupakan keluaran Microsoft adalah satu-satunya saingan Playstation.
Meski tampilan Xbox sangat tajam dan berkualitas, namun ternyata game Xbox tidak dapat mengalahkan kepopuleran Playstation 2. Samapi saat ini Sony telah meluncurkan Playstation versi 3 dan 4.



Implementasi Komputer Grafik Dalam Salah Satu Game


Pada ulasan kali ini, saya akan menggunakan game PES 2012 (Pro Evolution Soccer) sebagai contoh implementasinya. PES merupakan sebuah game pc simulasi permainan sepak bola yang memiliki grafis yang luar biasa. Selain gameplay, salah satu ukuran penting dalam game simulasi sepak bola adalah kualitas grafis yang ditampilkan. PES 2012 menampilkan tampilan menu game yang sangat berbeda dan memiliki tampilan grafis seperti permainan sepak bola sesungguhnya. Beberapa unsur realisme yang terdapat pada game ini adalah:
§  Realisme Fakta
Pada game ini Animasi yang ditampilkan pada pergerakkan pemain terlihat lebih hidup, alami dan juga game ini menanamkan teknologi Physics. Ekspresi wajah ketika mencetak gol dan dilanggar oleh pemain lain dapat lebih terlihat hidup. Kostum pemain terlihat lebih nyata dari sisi pencahayaan.
Tampilan replay yang disajikan pada saat pemain melakukan pelanggaran juga terlihat lebih halus dan nyata. Pada saat bermain game hanya akan menampilkan informasi skor, waktu dan radar dibagian bawah. Lebih simpel seperti yang biasa seperti kita menonton pertandingan sepak bola. Selama permainan PES 2012 akan menampilkan informasi-informasi seputar pertandingan yang sedang berlangsung seperti jumlah shot on target, shot on goal, dan lain nya seperti ketika kita sedang nonton sepak bola sesungguhnya.
§  Realisme Random Event
Pada game ini pemain juga stamina yang berbeda-beda, sehingga pada pertandingan pemain bisa merasakan letih, dan juga jika terjadi pelanggaran maka pemainnya juga bisa mengalami cidera, sehingga harus digantikan oleh pemain lain.
Selain itu penentuan tim yang lolos kualifikasi dalam sebuah pertandingan liga di tentukan oleh komputer secara random juga, sebelum liga tersebut dijalankan. Terdapat juga kondisi cuaca yang akan berubah-ubah saat pertandingan liga berjalan, jika terjadi hujan maka kontrol bola akan menjadi lebih sulit dilakukan
§  Realisme Hukum Fisika
Para pemain memiliki skill individu masing-masing di sesuaikan dengan pemain aslinya. Sehingga kecepatan berlari, kemampuan menggiring bola, keakuratan tendangan dari pemain-pemain nya di buat sama seperti pemain asli nya. Sehingga simulasi pertandingan dapat dibuat sama seperti aslinya. Sehingga berdasarkan kemampuan pemain tersebut dapat dibuat animasi tendangan bola yang sesuai dengan hukum fisika yaitu gerak parabola saat pemain menendang bola menlengkung,
Hal ini dapat dilakukan dengan menghitung dari kemampuan tendangan / shoot power dari pemain, sehingga pemain yang memiliki shoot power yang lebih tinggi dapat membuat bola melambung lebih jauh dan lebih cepat, dimana pada saat menendang bola juga terdapat hukum momentum didalam nya sehingga pantulan bola dibuat tampak seperti aslinya.
§  Realisme Audio / Visual
Pada realitas audionya terdapat suara penonton yang meramaikan pertandingan, suara penonton akan terdengar semakin keras jika bola telah masuk dalam kotak penalty, selain itu juga ada suara komentator yang mengomentari jalannya pertandingan, suara komentator ini diambil dari salah satu komentator sepakbola asli, sehingga terdengar seperti pada pertandingan bola sesungguhnya.
Pada saat pemain menendang bola juga akan terdengar suara tendangan bola dan jika bola membentur tiang akan terdengar bunyi tiang berdengung. Pada realitas visual nya Terdapat beberapa karakter yang ada dalam game ini yaitu karakter pemain, karakter pelatih dan juga karakter wasit. Karakter pemain berbentuk sama seperti manusia, tampilan wajah nya, postur tubuh nya, tinggi pemain nya juga persis seperti pemain asli nya.
Spesifikasi Komputer untuk Game Pro Evolution Soccer 2012:
  • CPU : Minimum: Pentium IV or Athlon XP 1.8 mhz
  • RAM :1 GB
  • Operating System : Windows XP/Vista/7
  • Video Card : AGP Video Card with 256 MB and a DirectX 9 compatible driver (GeForce4+ /Radeon 7500+)
  • DirectX Version : 9c
  • Free Disk Space : 2 GB


Bisnis Dalam Game Komputer

Pada zaman modern ini, tidak dipungkiri lagi bahwa game sangat berperan untuk sebagian besar pengguna teknologi, terutama pengguna komputer. Game merupakan sarana hiburan di tengah padatnya aktvitas yang dilalui. Namun, game ternyata juga dapat dijadikan sebuah bisnis yang menjanjikan. Dengan hobi para gamer ini, tentu terdapat peluang untuk mendapatkan profit. 
Bisnis dalam game komputer berkembang pesat seiring dengan berkembangnya teknologi canggih saat ini. Dahulu kita hanya dapat menikmati game yang tersedia di dalam komputer itu sendiri, seperti pinball dan solitaire. Namun sekarang sudah tersedia game online, dan juga games yang dapat didownload baik free maupun berbayar. Games berbayar juga merupakan bisnis karena sama saja dengan kita mengeluarkan uang untuk membeli sebuah barang. Games berbayar ini biasanya memberikan kepuasan tersendiri bagi pembelinya, karena terdapat fitur yang bagus di dalamnya.
Perkembangan lainnya ialah warung internet atau yang sering kita dengar dengan istilah warnet. Warnet kini identik dengan game online yang mereka sediakan, adapun game berbayar yang disediakan warnet sehingga kita hanya tinggal memainkannya. Baik anak kecil hingga orang dewasa mempunyai hobi bermain game online ini. Dengan menyediakan tempat, perangkat komputer yang lengkap, dan fasilitas pendukung lainnya, membuat gamers betah berlama-lama untuk bermain. 

Contoh untuk bisnis dalam game komputer itu beragam. Seperti kita dituntut melakukan pembayaran untuk game tersebut. Maksud dari pembayaran ini adalah bagaimana perusahaan game online mendapatkan uang dari gamesnya. Berdasarkan kategori ini games online dapat dibedakan menjadi 2 yaitu : 
o   Pay Per Item, game yang berada pada category ini merupakan game yang bisa diinstall atau dimainkan secara gratis, dan game ini biasanya mengenakan biaya pada pemainnya apabila pemainnya ingin cepat menaikkan level atau membeli barang (item) langka yang tidak pernah dijumpai pada permainan. Jenis game seperti ini yang paling dijumpai di Indonesia. Contoh: Gunbound, Ragnarok, Ghost Online,dll.
o   Pay per Play, game ini harus dibeli dan diinstal secara legal karena pada saat diinstal game terebut akan mendaftarkan pemain ke internet langsung dan apabila yang diinstal adalah program bajakan maka secara otomatis system akan memblokirnya. Contoh: War of Warcraft,dll. 
Mungkin kita juga tidak asing mendengar permainan Let's Get Rich. LGR merupakan permainan monopoli yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Ini merupakan game yang kita jumpai di gadget, baik android maupun iOs.
Dalam game ini kita sangat membutuhkan diamond yang berfungsi untuk membeli item bagus yang dapat meningkatkan peluang kita untuk menjadi pemenang. Diamond ini pun dapat dijadikan bisnis karena mengharuskan kita mengeluarkan uang untuk mendapatkannya. 


Source: Makalah peluang bisnis "Game Online" Roichan Ash-Shiddiqy





Software Pembuatan Game 3D Engine Dan Scene Graph

Sebelum kita membahas tentang software yang dapat digunakan untuk membuat game 3D ada baiknya jika kita mengetahui apa maksud dari game 3D itu sendiri. Game 3D adalah game yang dibuat menggunakan software sehingga menghasilkan objek yang lebih real atau nyata. Dan pada ulasan kali ini saya akan mengambil contoh software Unity 3D

Pengertian Unity 3D

Unity merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat game berbasis multiplatform. Mungkin kalian belum tahu apa itu multiplatform? Multiplatform adalah aplikasi yang dapat mempublish ke banyak format tipe file. Misal: exe, apk, dll.
Unity perlu lisensi untuk dapat dipublish ke platform tertentu, namun unity menyediakan untuk free user dan bisa di publish dalam bentuk standalone (.exe) dan web. Untuk saat ini unity sedang mengembangkan tampilan berbasis AR (Augmented Reality). Software Unity ini tidak hanya dapat untuk membuat game 3D namun 2D juga bisa.

Sejarah Unity 3D            
Unity Technologies dibangun pada tahun 2004 oleh David Helgason (CEO), Nicholas Francis (CCO), dan Joachim Ante (CTO) di Copenhagen, Denmark. Setelah game pertama mereka GooBall dalam meraih sukses ketiganya menyadari nilai sebuah engine dan tool dalam sebuah pengembangan game dan berencana untuk membuat sebuah engine yang dapat digunakan oleh semua orang dengan harga terjangkau. Unity Technologies mendapat bantuan dana dari Sequola Capital, WestSummit Capital, dan iGlobe Partners.

Kesuksesan unity terletak pada fokus mereka untuk memenuhi kebutuhan indie developer yang tidak dapat membangun game engine mereka sendiri atau membeli lisensi game engine yang terlalu mahal. Fokus perusahaan ini adalah “Democratize Game Development” atau diterjemahkan sebagai “Demokrasi Pembangunan Permainan” dan membuat sebuah pembangunan game baik 2D maupun 3D bisa dicapai oleh banyak orang.
Pada tahun 2008, unity melihat kebangkitan iPhone dan menjadi game engine pertama yang melakukan dukungan penuh pada platform tersebut. Unity sekarang  digunakan oleh 53,1% developers dengan ratusan game yang dirilis baik untuk iOS maupun Android. Pada tahun  2009, unity mulai meluncurkan produk mereka secara gratis. Jumlah developer yang mendaftar melonjak drastic sejak pengumuman tersebut. Pada April 2012 unity mencapai popularitas yang sangat tinggi dengan lebih dari 1 juta developer.
Unity sangat mampu melihat berbagai peluang dan perubahan. Hal inilah yang menjadikan unity sebagai game engine “termurah” yang paling banyak digunakan oleh seluruh orang di dunia. Unity dapat digunakan untuk perorangan dan tidak selalu harus digunakan oleh sebuah studio game yang berjumlah ratusan orang. Tampaknya demokrasi yang diusung sebagai slogan unity memang benar adanya. Apalagi semenjak dirilisnya unity dengan lisensi free.

Ø  Dukungan dari Unity 3D
a.       Dukungan Konversu: Mobile Android, Iphone, Blackberry, Windows, Linux, Flash,
b.      Online Publish Google Play, Android Market.
c.       Dukungan Kode: C#, Javascript dan Boo
d.      Dukungan Ekstensi File: 3ds, obj, gbx, dll
Ø  Fitur-fitur di dalam unity 3D
a.       Tab Hierarchy: tab ini berfungsi untuk memasukkan objek yang akan tampil di game kita,
b.      Tab inspector: tab ini digunakan untuk mengedit property objek yang diklik pada komponen objek yang berada di Tab Hierarchy. Pada tab ini juga digunakan untuk menyunting dan menambahkan komponen objek seperti script.
c.       Tab project: Berisi semua bahan-bahan yang akan kita gunakan dalam pembuatan game kita.
d.      Tab console: tempat penampilan pesan eror dalam projek kita, tapi paling sering pesan eror saat pembuatan script yang tidak dikenali oleh sistem atau kesalahan dalam pembuatam script.
e.       Tab scene: berisi ruangan/ tempat dimana kita meletakkan komponen seperti  Camera, Terrain, Object dll.
f.       Tab Game: sebagai tempat game di uji coba.
Ø  Terdapat beberapa Menu dari Menu bar:
– File :
*New Scene  : Untuk membuat tempat penyimpanan adegan game
*Open Scene  : Untuk membuka penyimpanan adegan game yang telah ada
*Save Scene  : Untuk Menyimpan adegan game
*New Scene As  : Untuk membuat adegan game dengan tema/nama yang baru
*New Project  : Untuk membuat proyek game baru
*Open Project  : Untuk Membuka proyek game yang telah ada
*Save Project  : Untuk menyimpan proyek game
*Build Setting  : Untuk mengatur game kedalam format yang diinginkan
*Build & Run  : Untuk mengatur game kedalam format yang diinginkan lalu menjalankannya
*Build in Clould  : menjadikan game dengan pergi ke WEB Unity3d
*Exit  : Untuk keluar dari Unity
– Edit :
*Undo  : Digunakan Untuk Membatalkan perintah
*Rendo  : Digunakan Untuk Kembali dari Pembatalan perintah
*Cut  : Digunakan Untuk Memindahkan Object di satu tempat ke tempat lain
*Copy  : Digunakan Untuk Menyalin Object dari satu tempat ke tempat lain
*Duplicate   : Digunakan Untuk Menggandakan Object
*Delete  : Digunakan Untuk Menghapus Object
*Frame Selected  : Digunakan Untuk Memilih Kerangka Object
*Lock View to Selected  : Digunakan Untuk Mengunci Object yang dipilih
*Find  : Digunakan Untuk Mencari Object dengan cepat
*Sellect All  : Digunakan Untuk Memilih semua Object
*Preferences  : Digunakan Untuk Mengatur Komponen Eksternal
*Modules  : Digunakan Untuk Memilih tipe perangkat Build
*Play  : Digunakan Untuk Memulai Game
*Pause  : Digunakan Untuk Menghentikan Sementara Game saat sedang berjalan
*Step  : Digunakan Untuk Melanjutkan ke Scene berikutnya
*Selection  : Digunakan Untuk Menyimpan Menyimpan & Memuat Pilihan
*Project Settings  : Berisi Pengaturan Pembuatan Game, Seperti Audio, Graphic, Player, Quality, Jaringan, dll
*Network Emulation  : Digunakan Untuk Memilih salahsatu Tipe Jaringan
*Graphics Emulation  : Digunakan Untuk Memilih salahsatu Tipe Grafik Game
*Snap Settings  : Digunakan Untuk Mengatur Snap Dalam Game
– Assets :
*Create  : Digunakan untuk Membuat Assets baru
*Show in Explorer  : Untuk Menampilkan Folder yang berisi semua project yang sedang kita buat di Partisi komputer
*Open  : untuk Membuka Assets
*Delete  : Untuk Menghapus Assets
*Import New Assets  : Digunakan Untuk Mengambil Assets dari drive
*Import Package  : Mengambil Assets yang telah ada dalam Unity3D
*Eksport Package  : Menyimpan Assets di dalam Drive
*Find References In Scene  : Digunakan Untuk Mencari Scene dengan cepat
*Select Defendecies  : Digunakan Untuk Memilih Defendecies
*Refresh  : Untuk Menyegarkan/Mengatur Ulang Assets yang berantakan
*Reimport  : Untuk Membatalkan satu Assets yang telah di import
*Reimport All  : Untuk Membatalkan semua Assets yang telah di import
*Run API Updater  : Untuk Memulai API Updater
*Sync MonoDevelop Project  : Digunakan Untuk Membuka MonoDevelop-Unity



Desain Skenario, Script, dan Storyboard Game Komputer

Dalam pembuatan sebuah game desain scenario, script, dan storyboard merupakan 3 aspek yang sangat penting untuk membuat game. Berikut ini merupakan penjelasan yang lebih mendetail mengenai 3 hal tersebut

Desain Skenario
Skenario adalah urutan cerita yang disusun oleh seseorang agar suatu peristiwa terjadi sesuai dengan yang diinginkan. Kalua dasar untuk pembuatan film adalah skenario, maka dasar untuk membuat game adalah desain decoment atau lebih mudahnya disebut skenario game. Skenario game adalah langkah awal dalam pembuatan game, fungsinya dari scenario game adalah untuk mempermudah kita menyelesaikan game yang akan kita buat. Dalam pengertian yang lebih luasnya skenario game merupakan sebuah cerita khusus yang melatarbelakangi kejadian-kejadian dalam game.
Kalau skenario menentukan interior dan eksterior, dekor, pemain, dan studio, serta pembuatan trik, dalam desain dokumen ada ketentuan program game, grafik, tokoh, animasi, suara, dan musik. Sampai di sini keduanya masih paralel. Berbeda dengan skenario yang merupakan sekuens linier dari adegan, turn around point, dialog, dan seterusnya; design documents adalah gabungan dokumen yang mendiskripsikan secara kompleks semua segi game yang direncanakan.

Script
Skrip (Script) adalah semacam bahasa pemrograman dalam tingkat kesulitan yang lebih rendah, tanpa aplikasi hasil kompilasi interpreter, skrip biasanya disisipkan ke dalam bahasa pemrograman yang lebih kompleks dan hasil skrip digunakan oleh bahasa pemrograman yang lebih kompleks itu. Intinya pemrograman suatu game bisa menggunakan berbagai macam jenis bahasa pemrograman, diantaranya yang terkenal adalah C, C++, dan Java

Storyboard
Storyboard merupakan sketsa gambar yang berurutan sesuai dengan naskah, dengan storyboard kita dapat menyampaikan ide cerita kita kepada orang lain dengan mudah, karena kita dapat menggambarkan khayalan kita kepada orang yang lebih storyboard kita ini melalui gambar yang kita buat.

Storyboard Pada Game
Storyboard pada game sedikit berbeda dari storyboard animasi, dimana pada storyboard game terdapat goal/ mission yang akan dibuat pada game itu sendiri. Kemudian storyboard pada game menjelaskan tentang alur permainan itu sendiri seperti apa dari jenis game. Misal game jenis arcade tidak memiliki alur cerita namun game tersebut menitik beratkan pada perolehan point. Jadi storyboard yang dibuat yaitu bagaimana pemain mendapat nilai/ point setinggi mungkin.

Implementasi 3 Aspek dalam Game Buatan Sendiri
Dalam memahami ketiga aspek tersebut, baiknya jika kita coba implementasikan langsung dengan membuat game buatan sendiri. Misal disini kita akan membuat game sederhana yang bernama "Flying Fungi". Game ini bergenre Arcade dengan tujuan mendapat sebanyak mungkin skor dari melewati rintangan yang ada dan tidak mengenainya. Lebih jelasnya coba kita implementasikan ke 3 aspek dibawah ini.

1.      Desain Skenario
Game “Flying Fungi” adalah game sederhana yang bertujuan untuk mendapatkan sebanyak mungkin skor setelah melewati beberapa rintangan yang ada dalam rute/ jalan pada game nya. Karakter dalam game ini adalah jamur dan jamur tersebut menggunakan teknik terbang dengan cara tap dua kali pada layar. Dan apabila si karakter jamur ini ingin menurunkan cara terbangnya cukup jangan di tap pada layarnya dan sesuai kan waktu nya agar tidak jatuh ke tanah, karena apabila jatuh ke tanah maka permainan akan selesai
2.      Script
Bahasa pemrograman yang dibuat untuk game ini bisa beragam, dari Java, C, C++, Delphi, VB net bahkan Android sekalipun. Game untuk platform PC/ laptop dapat dibuat dalam penekanan dua tombol pada keyboard yakni panah atas dan panah bawah. Jika ingin dibuat mobile maka akan lebih mudah karena kita hanya butuh untuk mengetuk layar/ tap layar sebanyak 2 kali untuk mengatur ketinggian terbang si jamur.
3.      Storyboard
Untuk lebih memahami konsep dari game ini berikut adalah contoh dari storyboard game Flying Fungi



Sourec:





 
 
 
 


Previous
Next Post »